Iklan dempo dalam berita

5 Cara Agar Gigi Selalu Putih dan Tidak Menguning, Salah Satunya Stop Merokok

5 Cara Agar Gigi Selalu Putih dan Tidak Menguning, Salah Satunya Stop Merokok

--

Perlu diingat, apa pun metodenya, hasil pemutihan gigi tidak ada yang permanen. Rata-rata pengguna dan pasien whitening perlu menjalani perawatan kembali setelah setahun.

Namun, ada juga yang gigi putihnya mulai luntur hanya sebulan setelah perawatan, terutama jika rutin mengkonsumsi makanan dan minuman yang menodai gigi. Berikut ini beberapa tips supaya gigi putih Anda bertahan lebih lama yang dilansir dari sumber sehatQ.

1. Cermat dalam Mengonsumsi Makanan dan Minuman

Hindari makanan dan minuman yang meninggalkan noda di gigi, misalnya, kopi, teh, red wine, dan soda berwarna gelap. Kabar buruknya, hampir semua makanan dan minuman berpotensi menodai gigi. Para pakar kesehatan gigi menyebut, semua makanan dan minuman yang bisa meninggalkan bercak di kaus katun putih, juga bisa menodai gigi.

Hanya saja, noda itu terbentuk secara perlahan dan makin terlihat seiring pertambahan usia. Jika tetap ingin minum minuman tersebut, gunakan sedotan supaya minuman itu tidak menyentuh gigi.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi Membandel, Hasilnya Bikin Takjub

2. Berkumur

Setelah mengonsumsi makanan maupun minuman yang berpotensi meninggalkan noda pada gigi, sebaiknya segera berkumur.

3. Rajin Menyikat Gigi

Jalani ketentuan-ketentuan soal kebersihan mulut. Sikat gigi 2 kali sehari, pakai dental floss sekali sehari untuk mengangkat plak, gunakan obat kumur minimal sekali sehari untuk mematikan bakteri penyebab plak.

BACA JUGA:Gigi Kuning Bikin Gak Percaya Diri, Begini Cara Merawatnya agar Tetap Putih dan Sehat

Gunakan pasta gigi dengan pemutih untuk mengangkat noda permukaan dan mencegah penguningan. Namun, praktisi kesehatan gigi menyarankan penggunaan whitening toothpaste maksimal dua kali sepekan. Sisanya, pakailah pasta gigi biasa.

4. Pantang Merokok

Rokok bukan hanya membahayakan kesehatan, tapi juga memiliki salah satu zat penoda terburuk bagi gigi. Tembakau meninggalkan noda kecokelatan yang bisa menembus email gigi.

Noda yang disebabkan tembakau, sulit dihilangkan oleh sikat gigi. Semakin lama Anda merokok, noda akan semakin mengakar. Di mulut, rokok juga membuat bau napas dan memicu gingivitis atau kanker gusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: