Iklan dempo dalam berita

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Penyebab gigi kuning adalah terkikisnya lapisan terluar gigi sehingga lapisan lebih dalam yang memang berwarna kekuningan jadi terlihat. Beberapa hal bisa meningkatkan risikonya, salah satunya minum kopi dan teh. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara memutihkan gigi kuning yang bisa dilakukan.

Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, gigi kuning bisa menjadi tanda bahwa perawatan gigi dan mulut Anda belum maksimal. Penyebab gigi kuning bisa jadi karena Anda sering mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat, hingga menderita kondisi medis tertentu. 

BACA JUGA:5 Cara Agar Gigi Selalu Putih dan Tidak Menguning, Salah Satunya Stop Merokok

Lantas apa saja faktor penyebab gigi kuning yang perlu diwaspadai? Berikut daftar penyebab gigi kuning dan cara tepat mengatasinya yang dilansir dari sumber sehatQ:

Penyebab gigi kuning yang harus segera dihindari

Perubahan warna gigi Anda mungkin terjadi secara bertahap sehingga tanpa sadar, Anda mulai menyadari bahwa gigi tampak kekuningan. Penyebab gigi kuning pada dasarnya adalah terkikisnya enamel luar gigi sehingga menyebabkan dentin yang berwarna kekuningan di bawahnya jadi terlihat. Dentin adalah lapisan kedua pada gigi di bawah enamel luar. 

BACA JUGA:Cara Alami Cegah Gigi Berlubang, Salah Satunya Mengunyah Permen Karet Tanpa Gula

Ada beberapa hal dari luar, seperti kebiasaan makan, yang membuat gigi jadi lebih cepat menguning atau bahkan berwarna lebih gelap.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab gigi kuning, seperti: 

1. Sering mengonsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda  

Mengonsumsi makanan dan minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda hingga anggur merah, bisa menyebabkan gigi kuning. Beberapa buah dan sayuran, seperti apel dan kentang, juga bisa meninggalkan noda pada gigi, sehingga perubahan warna gigi pun terjadi.

BACA JUGA:Ternyata Bukan Cuma Permen yang Merusak Gigi, Buah yang Mengandung Asam Bisa Sebabkan Gigi Rusak

Kopi, teh, dan minuman bersoda dapat menyebabkan gigi kuning karena kandungan tanin di dalamnya. Tanin adalah sejenis polifenol yang terurai dalam air. Ketika dikonsumsi, kandungan ini bisa meninggalkan warna kuning yang menempel pada gigi. 

Selain itu, minuman-minuman ini juga dapat menyebabkan bakteri di mulut berkembang lebih cepat. Akibatnya, gigi menjadi lebih rapuh karena mengalami erosi yang membuat enamel gigi menjadi tipis. Mengikisnya enamel gigi adalah salah satu penyebab utama gigi kuning. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: