Iklan dempo dalam berita

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

--

BACA JUGA:Kusen atau Pintu dari Kayu Rawan Dimakan Rayap, Begini Cara Mencegahnya

Bukan hanya mengubah warna gigi, kondisi ini juga bisa membuat gigi lebih rentan aus, kehilangan mineralnya, sehingga lebih rapuh. 

Sementara itu, amelogenesis imperfekta adalah gangguan perkembangan gigi yang menyebabkan ukuran gigi menjadi sangat kecil, berubah warna menjadi kuning kecokelatan , berlubang, dan mudah patah. Hal ini disebabkan oleh enamel gigi yang lunak dan rapuh, sehingga rentan tergerus. Akibatnya warna gigi menjadi lebih cepat kuning, gigi rusak, mudah retak. 

5. Pengobatan dengan antibiotik

Beberapa jenis antibiotik dapat menyebabkan gigi kuning. Salah satunya adalah antibiotik tetrasiklin. Dokter menemukan bahwa konsumsi antibiotik tetrasiklin selama kehamilan bisa menyebabkan warna gigi anak yang lahir berwarna kecokelatan.

Saat mengonsumsi tetrasiklin, sebagian obat ini bisa mengendap menjadi kalsium yang digunakan tubuh untuk membentuk gigi. Saat gigi tumbuh, warnanya akan menjadi kekuningan dan seiring berjalannya waktu dapat berubah menjadi cokelat saat terkena sinar matahari.

BACA JUGA:Promo Akhir Tahun 2023 Bertebaran, Intip 10 Tips Berburu Diskon Akhir Tahun Agar Tidak Rugi

Namun, efek samping antibiotik tetrasiklin ini hanya terjadi saat Anda minum obat sebelum gigi pertama atau sekunder tumbuh. Oleh sebab itu, penggunaan antibiotik ini tidak dianjurkan selama kehamilan dan pada anak kecil usia di bawah 8 tahun. 

Selain tetrasiklin, beberapa jenis antibiotik yang bisa sebabkan gigi kuning adalah

Amoksisilin-klavulanat (Augmentin)

Chlorhexidine

Doksisiklin

Ciprofloxacin

Minosiklin

BACA JUGA:7 Tips Berburu Promo Tiket Pesawat Murah Liburan Akhir Tahun, Jangan Sampai Kelewatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: