Iklan dempo dalam berita

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

7 Penyebab Gigi Kuning, Selain Faktor Genetik, Makanan dan Minuman, ini Penyebab Utamanya

--

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

2. Sering mengonsumsi makanan manis

Pewarna makanan dan gula pada makanan manis bisa menyebabkan gigi kuning. Ini karena sisa-sisa makanan manis seperti permen, es krim, cokelat, dan camilan manis lainnya bisa menempel di permukaan gigi. Apabila tidak dibersihkan dengan baik, sisa makanan yang menempel tersebut bisa menjadi sarang berkembangnya kuman.

Kuman bisa merusak enamel gigi dan dentin yang menjadi penyebab gigi berlubang. Enamel dan dentin yang rusak bisa membuat gigi berwarna kuning bahkan hitam jika mengalami karies. Bukan hanya itu, gigi menjadi lebih cepat berlubang dan bisa menyebabkan rasa sakit ketika bagian akar sudah terbuka. 

BACA JUGA:5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

Pastikan Anda menggosok gigi dengan bersih setelah makan. Namun, cara yang benar menggosok gigi bukanlah dengan langsung menyikatnya persis setelah makan. Berilah jeda sekitar 30 menit sebelum sikat gigi.

Pasalnya, setelah makan kondisi gigi dan mulut jadi lebih asam karena makanan. Menyikat gigi akan membuat enamel gigi lebih mudah terkikis dan malah menyebabkan gigi kuning.

3. Kebiasaan merokok

Selain merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya, kebiasaan merokok juga dapat meninggalkan bekas pada gigi Anda. Tidak hanya merokok, mengonsumsi tembakau dengan cara lain, seperti mengunyahnya, juga bisa menjadi penyebab gigi kuning.

Ini karena rokok atau tembakau mengandung nikotin dan tar yang bisa meninggalkan noda kuning hingga coklat pada gigi. Bukan hanya meninggalkan bekas noda, kedua kandungan ini juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Orang yang merokok dapat berisiko lebih rentan terkena penyakit gusi dan mulut karena kandungan di dalamnya dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Kesempatan Terbaik, Pertamina Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

4. Faktor genetik 

Faktor genetik juga bisa menyebabkan seseorang memiliki gigi kuning. Ada dua kondisi genetik yang menjadi penyebabnya, yaitu dentinogenesis imperfekta dan amelogenesis imperfekta. 

Dentinogenesis imperfecta  adalah gangguan perkembangan gigi yang bisa menyebabkan gigi berubah warna menjadi biru keabu-abuan atau kuning kecokelatan dan tembus cahaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: