Iklan dempo dalam berita

5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu gejala yang kerap menyertai sakit gigi adalah pipi bengkak. Selain bisa menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman, perubahan bentuk wajah yang terjadi juga bisa mengurangi rasa percaya diri. 

Kabar baiknya, ada sederet cara mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Kenali Gejala dan Penyebab Gigi Busuk dan Begini Cara Mengatasinya

Kenapa pipi bengkak saat sakit gigi?

Pipi bengkak saat sakit gigi bisa terjadi ketika gigi sudah berlubang parah dan tidak segera diobati, sehingga terbentuk abses di ujung akar gigi. Abses adalah kantong berisi nanah yang penuh bakteri. 

Ketika infeksi sudah sangat parah, abses gigi bisa semakin membesar dan bakteri yang ada membuat jaringan di sekitar gigi berlubang itu mengalami peradangan hingga membengkak. 

BACA JUGA:Penyebab dan Cara Atasi Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh, Coba 4 Cara Berikut Ini

Ketika gigi yang berlubang sudah menyebabkan bengkak di pipi, maka gejala lain seperti nyeri hebat yang menjalar hingga ke rahang, telinga, bahkan kepala, juga bisa dirasakan. Gigi pun biasanya jadi lebih sensitif pada makanan panas, dingin, atau manis. 

Cara mengempeskan pipi bengkak karena sakit gigi

BACA JUGA:Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi Membandel, Hasilnya Bikin Takjub

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang kamu rasakan, ada lima cara mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi yang bisa kamu lakukan:

1. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara meredakan nyeri gigi alami yang aman untuk dilakukan. Air garam bisa bertindak sebagai antiseptik alami yang membantu mengurangi jumlah bakteri, sehingga peradangan bisa berangsur berkurang.

Untuk membuatnya, campurkan 1/2 sendok teh garam meja biasa dengan 1/2 cangkir air hangat. Gunakan larutan air garam untuk berkumur selama dua menit secara perlahan. Ulangi cara ini hingga tiga kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: