Iklan dempo dalam berita

5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

5 Cara Mengempiskan Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi, Salah Satunya Berkumur dengan Air Garam

--

BACA JUGA:Gigi Kuning Bikin Gak Percaya Diri, Begini Cara Merawatnya agar Tetap Putih dan Sehat

2. Kompres dingin

Kompres dingin bisa jadi cara mengempeskan pipi bengkak akibat sakit gigi yang efektif. Suhu dingin yang ada akan membantu meredakan nyeri dan peradangan di jaringan, sehingga pembengkakan berangsur pulih. 

Untuk melakukannya, jangan lupa balut es batu dengan handuk bersih sebelum ditempelkan ke pipi. Kompres selama 15 menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak di pipi. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh,Ternyata Ini Bahaya Karang Gigi Jika Telat Ditangani, Bisa Kena Penyakit Kronis

3. Minum obat

Pipi yang bengkak menjadi penanda adanya infeksi di gigi yang berlubang. Untuk meredakan infeksi dan peradangan yang ada, dokter biasanya akan meresepkan obat antiinflamasi dan antibiotik yang perlu dikonsumsi sebelum perawatan lanjutan dilakukan. Namun, mengonsumsi obat bukan solusi akhir dari sakit gigi. Area gigi yang berlubang tetap perlu dirawat agar sumber infeksi bisa benar-benar hilang.

4. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar adalah prosedur untuk mengangkat saraf gigi yang sudah rusak atau mati akibat infeksi bakteri dan menggantinya dengan bahan khusus. Prosedur ini dapat membantu menghilangkan infeksi penyebab pipi bengkak sekaligus menyelamatkan gigi agar tidak perlu dicabut seluruhnya. Gigi yang telah direstorasi dan dirawat dengan baik dan benar, bisa tetap bertahan seumur hidup.

BACA JUGA:Pernah Tergigit Bibir Bagian Bawah? Ternyata Ini Artinya, Salah Satunya Ada Orang Tidak Senang

5. Cabut gigi

Pilihan terakhir pengobatan pipi bengkak akibat sakit gigi adalah dengan mencabut gigi yang bermasalah. Pencabutan gigi dipilih ketika gigi sudah tidak bisa lagi diobati atau diperbaiki dengan perawatan lain. 

Saat mengalami abses gigi, kamu tetap harus memeriksakan diri ke dokter gigi meskipun rasa sakitnya sudah berkurang atau menghilang. 

Pasalnya, abses gigi tidak akan hilang dengan sendirinya. Jika infeksi menyebabkan saraf gigi mati,  maka rasa sakit bisa berhenti karena sarafnya tidak lagi berfungsi. Namun, bakteri masih hidup dan dapat menyebar dalam jangka waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan kemudian merusak jaringan di sekitar gigi.

BACA JUGA:Tak Perlu ke Dokter, Begini Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi, Aman dan Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: