Iklan dempo dalam berita

Memahami Anatomi Gigi, Sudah Tahu Belum Apa Saja Jenis dan Fungsinya

Memahami Anatomi Gigi, Sudah Tahu Belum Apa Saja Jenis dan Fungsinya

--

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM – Gigi adalah bagian dalam tubuh manusia yang rumit. Gigi salah satu struktur berkalsifikasi dan keras yang terdapat di dalam mulut manusia dan hewan vertebrata. Gigi terbentuk dari berbagai protein seperti kolagen, serta mineral seperti kalsium.

Strukturnya yang bervariasi memungkinkan gigi melakukan banyak fungsi. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan. 

Perkembangan gigi dimulai jauh sebelum gigi pertama Anda terlihat. Sebagai contoh, gigi pertama bayi muncul pada usia enam bulan lebih kehamilan, tetapi perkembangan gigi sebenarnya telah dimulai pada awal trimester kedua.

BACA JUGA:Benarkah 2 Bentuk Gigi Tidak Normal Ini Membuat Anda Terlihat Lebih Cantik?

Mahkota gigi terbentuk lebih dulu, sementara akarnya terus berkembang bahkan setelah gigi muncul. 

Untuk usia dewasa umumnya memiliki keempat jenis gigi ini, sedangkan untuk anak/gigi susu hanya memiliki tiga jenis, yaitugigi seri, gigi taring, dan graham. Tiap jenis gigi memiliki bentuk yang sedikit berbeda dengan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya:

1. Gigi Seri

Gigi seri adalah gigi insisif, jumlahnya empat di atas dan empat di bawah. Dinamakan gigi seri karena gigi ini yang langsung terlihat sama, sepasang (seri), dan berdampingan. Gigi seri memiliki nama lain gigi anterior. 

Setiap gigi seri memiliki satu tepi sempit, yang membantu memotong makanan saat kamu menggigit. Gigi seri terletak pada bagian depan rahang dan merupakan gigi yang langsung terlihat saat pertama kali seseorang tersenyum atau berbicara.

BACA JUGA:Repot kalau Anak Sampai Sakit Gigi, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

2. Gigi Taring

Kanius adalah istilah dari nama gigi taring, gigi taring sendiri memiliki 4 jumlah, jumlahnya masing-masing , Jumlahnya ada empat, masing-masing satu di sebelah kanan atas, satu di sebelah kiri atas, satu di sebelah kanan bawah, dan satu di sebelah kiri bawah. 

Gigi ini adalah gigi yang terakhir tumbuh di rongga mulut, sehingga sering mengalami kekurangan tempat. Posisinya lebih menonjol dibandingkan gigi yang lain. Jenis gigi ini adalah yang terpanjang dari semua gigi dan fungsinya untuk merobek makanan, seperti daging dan sayuran keras.

BACA JUGA:Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi, Ini Penyebab dan Obatnya jika Sakit Gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: