Iklan dempo dalam berita

Hindari 10 Jenis Makanan dan Minuman Enak Ini, Karena Dapat Merusak Gigi Kamu

Hindari 10 Jenis Makanan dan Minuman Enak Ini, Karena Dapat Merusak Gigi Kamu

--

5. Minuman untuk Olahraga

Minuman untuk olahraga atau minuman berenergi memiliki kandungan asam yang tinggi, selain tentunya gula yang sangat tinggi. Asam yang berpotensi mengikis lapisan gigi ini bisa bertahan hingga 20 menit. Minuman berenergi ini sebaiknya hanya dikonsumsi jika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi dan dalam waktu lama.

 6. Popcorn atau Jagung Rebus

Popcorn, asalkan bukan popcorn yang diberi gula-gula, karamel, atau cokelat, mungkin tidak terlalu berbahaya bagi gigi. Tetapi perlu diingat agar tidak hanya menggosok gigi setelah makan popcorn, tetapi juga membersihkannya dengan 'floss'. Sama halnya dengan memakan jagung dari batangnya yang bisa membuat jagung terselip di sela-sela gigi. Karenanya direkomendasikan memakan jagung yang bijinya sudah terpisah dari batangnya.

BACA JUGA:Repot kalau Anak Sampai Sakit Gigi, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

7. Lemon

Makanan yang bisa merusak gigi berikutnya adalah lemon, siapa sangka? Meskipun bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan Vitamin C pada lemon yang begitu asam mampu menggerogoti dan melunakkan lapisan enamel pada gigi. Sehingga, tidak disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari. 

Jika Anda masih ingin merasakan manfaat baik dari lemon, Anda bisa mencampur perasan lemon dengan air hangat, lalu menyesapnya menggunakan sedotan. Tujuannya agar enamel gigi tidak bersentuhan langsung dengan air lemon, sehingga kemungkinan erosi dapat diminimalisir. 

8. Minuman Anggur atau Wine

Minuman anggur, atau wine, terutama jenis anggur putih memiliki kandungan asam yang tidak hanya berpotensi merusak lapisan gigi. Asam ini pun bisa menimbulkan noda pada gigi Anda. Hal ini pun sama saat Anda mengkonsumsi makanan berkuah, kopi, dan teh. Tak hanya itu, kandungan alkohol pada wine, bisa membuat mulut Anda kering dan membuat produksi air liur menurun. Air liur ini padahal bisa melindungi gigi dari kerusakan

BACA JUGA:Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi, Ini Penyebab dan Obatnya jika Sakit Gigi

9. Keripik

Makan keripik sambil bersantai di ruang TV memang menyenangkan, apalagi rasanya dan bunyinya yang kriuk-kriuk. Sayangnya, hal ini tidak berakibat baik untuk gigi kita. Keripik seperti keripik kentang mengandung tepung. Jadi, ketika tubuh kita mencerna, ia akan menjadi gula yang bisa tertinggal di antara gigi. Hal inilah yang menyebabkan plak muncul di sela-sela gigi kita.

10. Kopi atau Minuman yang Berkafein

Tubuh memang butuh kafein agar makin fokus dan semangat dalam menjalani hari. Alih-alih mengonsumsi kopi saja, kebanyakan orang menambahkan gula untuk menambah cita rasa manis di dalamnya. Tambahan gula ini tentunya berdampak pada kesehatan gigi bila tidak segera dibersihkan. Oleh karenanya, cobalah mengurangi gula dan pastikan untuk minum air putih sebanyaknya guna membilas noda kopi yang menempel di gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: