Iklan RBTV Dalam Berita

Tanpa Jaminan dan Cukup Modal KTP, Ini Syarat Pinjam Rp 20 Juta di Easycash Proses Mudah, Cek Cicilannya

Tanpa Jaminan dan Cukup Modal KTP, Ini Syarat Pinjam Rp 20 Juta di Easycash Proses Mudah, Cek Cicilannya

--

Debt collector tidak boleh lagi melakukan penagihan kepada orang terdekat seperti orang tua, saudara dan teman dekat sebagai kontak darurat. 

5. Tidak boleh meneror 

Jadi, penagihan menggunakan sarana komunikasi dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu.

6. Selanjutnya, dalam proses penagihan ke debitur, DC diwajibkan membawa sejumlah dokumen. 

Di antaranya kartu identitas, sertifikat profesi dari lembaga resmi, surat tugas dari perusahaan pembiayaan, dan bukti jaminan fidusia.

Apabila nasabah mengalami cara penagihan yang tidak manusiawi dan dirugikan oleh debt collector dapat melapor kepada OJK atau Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Nah, AFPI merupakan organisasi yang mewadahi pelaku usaha pendanaan online yang ada di Indonesia. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Cepat Cair, Ada Limit Rp 20 Juta

AFPI ditunjuk langsung oleh OJK sebagai asosiasi resmi penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis online pada tahun 2019. Secara jelas, baik OJK maupun AFPI melarang debt collector menggunakan kekerasan fisik maupun mental kepada debitur. Apabila dalam melakukan penagihan, DC tetap melakukan dengan cara kekerasan atau ancaman, maka DC tersebut dapat dijerat oleh Pasal 365 ayat (1) KUHP.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2023 Bunga Ringan, Ini Tabel Angsuran Pinjaman Rp 50 Juta Terbaru

Cara Terhindar dari Ketergantungan Pinjol Ilegal

Berikut ini cara agar terhindar dari ketergantungan terhadap pinjol illegal, yakni:

1. Susun Perencanaan Keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menyusun perencanaan keuangan. Setiap permasalahan keuangan sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya perencanaan yang baik. Perencanaan keuangan dapat memetakan secara tepat antara jumlah penerimaan atau penghasilan dan pengeluaran. 

Adapun berikut ini cara untuk mengatur keuangan secara sederhana. Yakni membuat catatan untuk setiap pengeluaran, menyisihkan uang untuk dana darurat, menabung, hingga investasi. 

2. Tingkatkan Literasi Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: