Iklan dempo dalam berita

Pengopi Bengkulu Harus Tahu, Ini 7 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Nomor 3 Queen of Coffee

Pengopi Bengkulu Harus Tahu, Ini 7 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Nomor 3 Queen of Coffee

Pengopi Bengkulu Harus Tahu, Ini 7 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia, Nomor 3 Queen of Coffee--

Petani kopi di Sidikalang awalnya gencar menanam biji kopi robusta. Tapi varietas ini semakin ditinggalkan karena dianggap kurang menjual dibandingkan dengan kopi arabika. Yang lebih menyedihkan lagi, sudah semakin sedikit petani yang menanam kopi dan lebih memilih untuk beralih ke tanaman hortikultura. 

Itu dia 7 daerah penghasil kopi terenak di Indonesia. Selain itu, sebenarnya masih banyak daerah lain yang juga terkenal dengan kopi yang berkualitas. Salah satunya Provinsi Bengkulu yang memiliki kopi Bermani. Kopi dari Kabupaten Rejang Lebong pernah menjuarai kontes kopi Internasional di Paris beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Vihara Buddhayana Bersolek Sambut Perayaan Imlek

Kalau ditelusuri lebih jauh, biji kopi arabika merupakan varian kopi pertama di Indonesia yang dibawa oleh para penjajah dari Belanda sekitar tahun 1696. 

Alasannya sederhana, biji kopi tidak bisa tumbuh di iklim negara Eropa, sehingga mereka mencoba membudidayakannya di tanah jajahannya, salah satunya Indonesia. 

BACA JUGA:Ini Tujuh Raperda Seluma yang Disetujui Jadi Perda

Daerah pertama yang dijadikan tempat menanam kopi adalah Kedawung, dekat Batavia. Tapi tanaman kopi di perkebunan tersebut rusak akibat bencana. Beberapa tahun kemudian, usaha kedua pun dilakukan untuk menanam kopi dan hasilnya sukses besar. 

Tanaman kopi Indonesia laku keras saat diperdagangkan di pasar Eropa. Sejak saat itu, biji kopi dibudidayakan di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Sumatera, Sulawesi, Bali, dan tempat-tempat lainnya. Daerah penghasil kopi tersebut hingga saat ini masih bertahan memasok kopi untuk pasar nasional maupun internasional.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: