Iklan dempo dalam berita

Terkenal Dengan Warisan Budaya, Betawi Juga Punya Kue Tradisional yang Rasanya Bikin Candu Lidah

Terkenal Dengan Warisan Budaya, Betawi Juga Punya Kue Tradisional yang Rasanya Bikin Candu Lidah

foto istimewa dan hanya sebagai ilustrasi --

NASIONAL,RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia memiliki banyak daerah dan suku, hal inilah yang menjadikan adanya keragaman budaya. Baik itu dari pakaian tradisional, tak terkecuali dengan kuliner. Setiap daerah memiliki kuliner khas yang unik, baik itu makanan utama, atau sekadar camilan. Salah satunya jajanan khas Betawi yang mungkin sebagian orang masih belum tahu.

BACA JUGA:Mengenal Kue Cucur Ringgit Khas Seluma

Menarik untuk diketahui terutama generasi muda saat ini, yang mungkin sudah tak terlalu familiar dengan kekayaan kuliner khas Indonesia termasuk kuliner tradisional Betawi. Namun, sayangnya jajanan khas Betawi kini mungkin sudah sedikit lebih sulit untuk ditemukan, dan hanya dijual di tempat tertentu atau pada acara khas Betawi saja.

Salah satu jajanan khas Betawi yang paling populer adalah kerak telor namun selain kerak telor masih ada banyak jajanan khas Betawi yang harus dicoba.

BACA JUGA:Orang Banjarmasin Pasti Tahu, 13 Kue Tradisional Ini Katanya Bikin Candu, Salah Satunya Bobongko

Berikut ini beberapa jajanan khas Betawi yang harus dicoba :

1. Putu Mayang

Putu mayang adalah kuliner betawi yang kerap disantap sebagai makanan pengganjal perut. Kue ini mempunyai ciri khas, yaitu cita rasa manis dengan tekstur kenyal dan penampilan warna-warni yang cantik. Biasanya kue ini tersedia dalam tiga warna yaitu berwarna putih, merah dan hijau berasal dari daun pandan yang harum.

Terbuat dari tepung beras sebagai bahan utama, santan kelapa dan gula merah, penyajian putu mayang biasanya dengan kuah gula merah. Putu Mayang merupakan salah satu kuliner yang masih mudah dijumpai hingga sekarang.

BACA JUGA:Terkenal Khas Pempek, Tapi 12 Jenis Kue basah Ini Khas Palembang Ini Diyakini Bikin Lidah Ketagihan

2. Kue Ape

Kue ini menjadi camilan yang bisa dinikmati oleh segala usia. Kue Ape berbentuk tipis serta bagian tengahnya sedikit basah dan tebal. Kue Ape umumnya berwarna hijau, dan di bagian pinggiran dari kue ini memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasanya begitu manis dengan aroma pandan yang melengkapinya.

Namun, Kue Ape kini punya beberapa varian yang dicampur dengan cita rasa kekinian, seperti keju, meises, cokelat, selai nanas, potongan pisang dan yang lainnya.

3. Kue Dongkal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: