Iklan dempo dalam berita

Pusing Tagihan Listrik Membengkak? Ini Cara Ampuh Menghemat Listrik di Rumah Dijamin Pengeluaran Jadi Hemat

Pusing Tagihan Listrik Membengkak? Ini Cara Ampuh Menghemat Listrik di Rumah Dijamin Pengeluaran Jadi Hemat

Pusing Tagihan Listrik Membengkak? Ini Cara Ampuh Menghemat Listrik di Rumah Dijamin Pengeluaran Jadi Hemat--

Selain itu kamu juga bisa matikan lampu saat pagi dan siang hari, hingga matahari mulai terbenam barulah nyalakan kembali lampu. Kemudian, mulai kurangi ;ampu pada setiap armateur (kotak lampu) dari tiga menjadi dua atau satu lampu saja.

- Hindari Penggunaan Listrik Bersamaan

Misalnya kamu terburu-buru akan pergi, kemudian ingin menggunakan hair dryer. Maka sebelum mulai memasang hair dryer matikan televisi dan AC. Nyalakan listrik seperlunya saja, selebihnya dimatikan.

- Beli Tangki Penampungan Air

Tentu kamu sudah tahu kalau dalam penggunaan air pun kita harus berhemat. Sebaiknya mulai gunakan tangki air untuk menghemat penggunaan pompa air listrik. Buatlah tandon air dan gunakan mesin pompa air jika benar-benar membutuhkan.

BACA JUGA:10 Merek Sepeda Listrik Murah dan Trendi, Ada Produk Xiaomi QiCycle yang di Banderol Harga Rp4 jutaan

- Cabut Aliran Listrik

Pada barang-barang elektronik yang sudah penuh daya listriknya, seperti handphone, kabel komputer, printer, dispenser, jika tidak dibutuhkan lagi maka cabut dari stop kontak (plug) setelah selesai digunakan atau setelah jam kerja berakhir.

Kabel listrik peralatan elektronik yang masih menancap, meski sedang tidak digunakan juga akan tetap membuat aliran listrik mengalir. 

Hal itu juga akan membuat tagihan listrik semakin melonjak. Contoh lainnya, jangan biarkan kabel televisi tersambung ke saklar apabila ingin bepergian berhari-hari dari rumah.

BACA JUGA:7 Merek Sepeda Listrik Berikut Cocok Buat Kaum Mak-mak ke Pasar dan Antar Anak Sekolah

- Mengganti Keran yang Bocor

Terkadang kita tahu ada keran yang bocor pada salah satu titik, namun kita biarkan karena tidak sempat mengganti atau bahkan malas. Keran yang bocor meskipun hanya mengeluarkan setetes demi tetes air juga merupakan bentuk pemborosan.

Air juga termasuk sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Untuk itu gunakan air secukupnya. Apabila kita sering menyalakan pompa air, maka biaya listrik pun akan tinggi. Segera ganti keran jika memang bocor.

- Mempersingkat Penggunaan Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: