Iklan dempo dalam berita

BBM Mahal, Ini 9 Tips Membeli Motor Listrik, Tetapi Pastikan Nomor 2 dan 8 Jadi Syarat Utama Ya

BBM Mahal, Ini 9 Tips Membeli Motor Listrik, Tetapi Pastikan Nomor 2 dan 8 Jadi Syarat Utama Ya

BBM Mahal, Ini 9 Tips Membeli Motor Listrik, Tetapi Pastikan Nomor 2 dan 8 Jadi Syarat Utama Ya--Foto istimewa

Tips membeli motor listrik yang perlu Anda ketahui adalah pastikan tempat pengisian daya mudah ditemukan. Sebelum memutuskan untuk membeli motor listrik, pastikan Anda tahu di mana tempat pengisian daya terdekat berada.Anda harus mengetahui titik pengisian daya terdekat agar dapat melakukan pengisian daya dengan mudah dan nyaman.

BACA JUGA:Sepeda Listrik Antelope Genius, Harga Terjangkau, Ada Pilihan Bentuk yang Unik

6. Cek Kemampuan Jarak Tempuh dan Kecepatan sesuai Kebutuhan Berkendara

Berbeda dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik memiliki kemampuan jarak tempuh dan kecepatan yang terbatas tergantung kapasitas baterai. Apabila kemampuan jarak tempuh motor bensin dihitung per liter, jarak tempuh motor listrik dihitung dari baterai posisi penuh ke posisi nol. Ditambah, lokasi SPKLU dan battery swap di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga kamu perlu memperhitungkan kemampuan jarak tempuh.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kecepatan dan torsi maksimum yang dimiliki motor listrik. Saat itu kecepatan maksimum motor listrik di Indonesia belum ada yang bisa mencapai hingga di atas 100 Km/jam. Untuk itu, pastikan kamu memilih motor listrik sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk apa motor tersebut digunakan, apakah untuk kegiatan sehari-hari pulang-pergi kerja, rekreasi, touring, bagaimana kontur lintasan yang kamu lalui.

BACA JUGA:PT Terang Dunia Internusa Rilis Sepeda Listrik UNITED Dresden V.1, Baterai Irit, Sekali Charger Tembus 40 km

7. Ketahui Tipikal Gaya Kemudi Motor Listrik

Gaya kemudi motor listrik tentu berbeda dengan motor yang berbahan bakar listrik. Gaya kemudi motor listrik memiliki respon tarikan yang lebih cepat dibandingkan motor berbahan bakar bensin. Selain itu, untuk menghemat daya listrik, sebaiknya kamu memiliki gaya berkendara yang konstan dan pelan. Jadi sebisa mungkin untuk tidak melakukan kebut-rem secara mendadak.

Satu lagi yang harus kamu ketahui sebelum membeli motor listrik adalah suara mesin. Suara mesin motor listrik cukup senyap sehingga gaya berkendara motor listrik adalah defensive riding dengan selalu memberi sinyal baik berupa klakson maupun lampu.

BACA JUGA:Pelopor Kendaraan Listrik di Indonesia, VIAR Rilis Sepeda Listrik U1 dan Akasha 1, Baterainya Anti Korosi

8. Perhatikan Kapasitas Charging Motor Listrik dan Daya Rumah

Dalam kondisi normal adalah 350 wH dan kondisi fast charging adalah 450 wH. Sehingga jika diasumsikan, setidaknya rumah kamu harus memiliki daya sebesar 900 Watt. Itu pun dalam kondisi kamu tidak menyalakan peralatan elektronik lain. Jadi, sebelum membeli motor listrik kamu harus memperhatikan kapasitas daya listrik rumah yang kamu miliki. Pastikan juga kamu perhatikan kapasitas charging motor. Berapa daya charging-nya dan berapa lama yang dibutuhkan.

BACA JUGA:7 Merek Sepeda Listrik Berikut Cocok Buat Kaum Mak-mak ke Pasar dan Antar Anak Sekolah

Begitulah sedikit saran bagi Anda sebelum membeli sepeda atau motor listrik, agar tidak menjadi kendala dalam menunjang aktifitas dan rutinitas Anda sehari-hari.

(Khaidir Aruf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: