Iklan RBTV Dalam Berita

Mudah, Ini 11 Cara agar Hemat Listrik saat Menggunakan Mesin Cuci, Gak Bikin Tagihan Boncos

Mudah, Ini 11 Cara agar Hemat Listrik saat Menggunakan Mesin Cuci, Gak Bikin Tagihan Boncos

Mencuci merupakan kewajiban, karena pakaian harus di cuci supaya bersih--

Beberapa mesin cuci sudah memiliki fitur yang dapat mengatur suhu air. Mencuci dengan suhu air yang hangat memang dapat membantu menghilangkan noda pada kain. 

Namun, fitur ini ternyata memakan daya listrik yang lebih besar. Sebaiknya gunakan air dingin atau air biasa sehingga mesin cuci Anda lebih hemat dalam menguras listrik.

- Mengeringkan cucian secara alami

Setelah selesai mencuci, biasanya kain akan langsung dikeringkan secara otomatis pada mesin cuci. Hal ini tentunya memudahkan kita untuk menghemat waktu supaya cucian cepat kering. 

Jika Anda ingin menghemat pemakaian listrik, sebaiknya tidak menggunakan fitur pengering pada mesin cuci karena membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Saat musim panas, sesekali bisa keringkan cucian Anda dengan menjemur langsung di bawah sinar matahari.

- Bersihkan mesin pengering

Mesin pengering pada mesin cuci akan bekerja lebih optimal jika kondisinya bersih karena tidak ada beban kotoran yang menempel. Bersihkan bagian pengering setidaknya sebulan sekali dengan cara menggosoknya menggunakan sikat gigi atau spons.

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini 9 Tips dan Trik Penggunaan Kulkas yang Tepat Bisa Bikin Listrik Hemat

- Gunakan mode putar yang tinggi

Mencuci dengan mode putar yang tinggi sehingga mesin berputar lebih cepat dan mengurangi kelembaban pada kain. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu mencuci dan mengurangi pemakaian daya listrik yang lebih banyak.

- Perhatikan durasi mode mencuci

Semakin lama durasi putaran mesin cuci, maka akan semakin besar daya listrik yang terpakai. Jenis kain yang tipis dan tidak banyak noda sebaiknya dicuci dengan durasi 5-10 menit untuk menghemat penggunaan listrik.

- Memisahkan jenis kain saat dikeringkan

Jenis kain yang bervolume berat seperti handuk sebaiknya dipisah dari kain yang ringan seperti kaos, sprei, dan pakaian tipis. Pilih jenis kain yang sama saat dikeringkan di mesin cuci agar mesin bekerja lebih efisien.

- Pakai mesin cuci dengan efisien

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: