Iklan RBTV Dalam Berita

Mudah, Ini 11 Cara agar Hemat Listrik saat Menggunakan Mesin Cuci, Gak Bikin Tagihan Boncos

Mudah, Ini 11 Cara agar Hemat Listrik saat Menggunakan Mesin Cuci, Gak Bikin Tagihan Boncos

Mencuci merupakan kewajiban, karena pakaian harus di cuci supaya bersih--

Jika kamu sudah mengetahui berapa saja besaran pemakaian mesin cuci dengan tepat, Berikut ini cara untuk menghemat pemakaian listrik mesin cuci di rumah:

- Kenali jenis mesin cuci 

Sebelum membeli, kamu harus perhatikan jenis mesin cuci biar nggak boros. Ada dua kriteria, yakni mesin cuci front load (bukaan depan) dan top load (bukaan atas). Keduanya punya kekurangan dan kelebihan.

Mesin cuci front load hanya memerlukan sedikit air dalam prosesnya, namun listrik lebih mahal karena pencucian jadi lebih lama. 

Sebaliknya, mesin cuci top load lebih irit listrik sebab pembilasan lebih singkat, tapi butuh air yang banyak dalam proses pencuciannya. 

BACA JUGA:Cara Menggunakan AC agar Hemat Listrik hingga Dua Kali Lipat, Dijamin Nggak Boros lagi

- Pilih mesin cuci sesuai kapasitas

Menggunakan mesin cuci yang tidak sesuai kapasitas bisa menyebabkan boros listrik. Apabila anggota keluarga di rumah tidak banyak, tentunya baju yang dicuci lebih sedikit, sehingga Anda bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas 5-8kg. 

Sedangkan untuk anggota keluarga besar, Anda bisa menggunakan mesin cuci dengan kapasitas lebih dari 10 kg.

- Isi mesin cuci sesuai kapasitas

Jika mesin cucinya bermuatan besar, maka Anda bisa isi dengan banyak pakaian sesuai dengan kapasitasnya. Mengisi mesin cuci yang berkapasitas besar dengan sedikit pakaian hanya akan membuang energi dan boros listrik. 

Sebaliknya, pada mesin cuci yang berkapasitas kecil sebaiknya diisi dengan sedikit pakaian agar tidak menguras kinerja mesin menjadi lebih berat.

Pastikan Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin dengan menyentuh bagian dasar mesin cuci. Apabila tangan Anda tidak dapat menggapai bagian dasar mesin cuci itu karena kelebihan kapasitas, maka Anda perlu mengurangi jumlah kain di dalamnya.

BACA JUGA:Pusing Tagihan Listrik Membengkak? Ini Cara Ampuh Menghemat Listrik di Rumah Dijamin Pengeluaran Jadi Hemat

- Mengatur suhu pada mesin cuci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: