Iklan RBTV Dalam Berita

Beda Jenis dan Bahan, Beda juga Perawatan, Gunakan 7 Cara Mencuci Ini Biar Hijab Kelihatan Selalu Tampak Baru

Beda Jenis dan Bahan, Beda juga Perawatan, Gunakan 7 Cara Mencuci Ini Biar Hijab Kelihatan Selalu Tampak Baru

7 Cara Mencuci Ini Biar Hijab Kelihatan Selalu Tampak Baru --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sebagai seorang wanita yang berhijab, tentunya kamu memiliki begitu banyak koleksi hijab. Selain warna- warna yang berbeda, bahannya pun pasti juga berbeda. Semakin banyak jenis hijabmu, maka semakin berbeda pula cara untuk merawatnya.

BACA JUGA:Menarik dan Mempesona, Berikut Trend Fashion Hijab yang Bakal Hits di Tahun 2024

Merawat serta mencuci hijab bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Namun, tetap butuh ketelitian dan ketelatenan saat melakukannya, agar koleksi hijab tetap bagus walau sudah dipakai selama bertahun-tahun. Hijab bukan hanya berfungsi sebagai penutup aurat bagi perempuan muslim, tetapi juga bagian dari fashion. Tak heran, jika sekarang banyak bermunculan hijab dengan berbagai macam model dan bahan.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Ide Busana Alias Outfit Hijabers Saat Rayakan Momen Wisuda, Dijamin Anggun dan Menawan

Agar hijabmu bisa awet, berikut cara mencuci dan merawat hijab sesuai bahannya :

1. Sutra

Sutra dibuat dari bahan serat protein alami yang dihasilkan oleh larva ulat bombyx mori. Ciri-ciri kain sutra adalah kuat, elastis, punya kemampuan untuk mempertahankan, ringan dan nyaman digunakan. Namun, karena bahannya yang cenderung licin dan jatuh, disarankan untuk memakai dalaman hijab terlebih dahulu saat ingin menggunakan hijab jenis ini.

Cara mencucinya pun tak boleh main-main. Disarankan untuk dry cleaning agar tidak mudah rusak. Bisa juga cuci manual dengan air dingin atau suam-suam kuku, dengan deterjen yang ringan. Lalu letakkan hijab hingga kering dengan sendirinya. Setrika di bagian belakang kain dan pastikan setrika pada suhu paling rendah.

Lalu, simpan hijab sutra di tempat yang bebas serangga dan tidak lembap. Tidak disarankan untuk memakai peniti, karena akan membuat hijab sutra robek. Sebaiknya gunakan magnet hijab atau pin lurus agar tidak merusak bahannya.

BACA JUGA:7 Model Hijab Jelang Akhir Tahun, Nomor 1 Direkomendasikan untuk Mahasiswa dan Pekerja Kantor

2. Satin

Hijab berbahan satin tak kalah mewah dari bahan sutra. Ciri-ciri yang bisa ditandai adalah bahannya yang mengilap, berkilau, licin, jatuh, tidak menerawang dan tebal, terlihat mahal dan tidak panas. Bahan satin akan terlihat profesional dan cocok dipakai di situasi formal.

Cuci hijab satin dengan air hangat, lalu keringkan di tempat yang rendah. Setrika pada pengaturan suhu terendah pada sisi matte kain, jangan di sisi yang mengilap, karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada hijab.

BACA JUGA:Pria Ini Rela Bayar Denda Miliaran Rupiah karena Banyak Wanita Berhijab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: