Iklan dempo dalam berita

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat

6 Ciri Dabbah, Hewan yang Kemunculannya Disebut Sebagai Pertanda Hari Kiamat--

Ciri-ciri Dabbah

Ada 6 ciri-ciri Dabbah yang dijuluki sebagai binatang akhir zaman.

1. Binatang yang Hidup di Laut

Menurut Wahbah al-Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir, Dabbah adalah memiliki makna sebagai makhluk hidup yang melata di bumi, khususnya binatang laut. Allah mengeluarkan binatang melata tersebut dari bumi untuk berbicara kepada manusia dan mengingatkan mereka bahwa sebagian besar manusia tidak mempercayai ayat-ayat Allah. Binatang melata ini diberi nama Jassasah.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Tidak hanya Sungai Eufrat Mengering Namun juga Muncul Gunung Emas, Ini Penjelasan Lengkapnya

2. Berbulu Halus dan Panjang Kakinya 60 Hasta

Hewan Dabbah tersebut memiliki bulu yang halus, memiliki kaki, dan memiliki panjang sekitar 60 hasta. Ciri-ciri ini memberikan gambaran fisik tentang bagaimana Dabbah terlihat. Selain itu, dalam pandangan Abdullah bin Ibnu Umar RA, Dabbah disebut sebagai al-Jasasah. Pendapat ini memberikan nama khusus untuk hewan tersebut dan menambahkan dimensi keidentikan dalam mengenali Dabbah di masa depan.

3. Memiliki Empat Kaki dan Bersayap

Dalam sebuah riwayat yang diterima dari Abu Hurairah, disebutkan Dabbah adalah hewan yang memiliki ciri-ciri panjang tubuh yang mencapai 60 hasta dan tingginya mencapai awan, sementara jarak antara kedua tanduknya setara dengan perjalanan satu farsakh. Dabbah juga memiliki dua bentuk, dengan empat kaki yang dilengkapi bulu panjang yang menyerupai burung, serta memiliki dua sayap. Ciri-ciri ini memberikan gambaran lebih jelas tentang dimensi fisik dan penampilan Dabbah yang dijelaskan dalam riwayat tersebut.

BACA JUGA:Menghebohkan Dunia, 4 Fenomena yang Terjadi Di Arab Saudi Ini Sering Disangkutpautkan dengan Tanda Kiamat

4. Kepala, Mata, Telinga, Tanduk, Dada, dan Warnanya Berbeda

Dalam riwayat dari Ibnu Juraij, bentuk fisik Dabbah adalah kepalanya menyerupai kepala banteng, matanya menyerupai mata babi, telinganya menyerupai telinga gajah, tanduknya menyerupai tanduk rusa, dadanya menyerupai dada singa, warnanya menyerupai warna harimau, kukunya menyerupai kuku sapi betina, ekornya menyerupai ekor domba, dan telapak kakinya menyerupai telapak unta.

5. Masuk Kategori Reptil

Dalam Surat An-Naml ayat 82, terdapat penjelasan mengenai karakteristik dan bentuk Dabbah yang akan muncul menjelang hari kiamat. Meskipun tidak ada bentuk yang konkret yang dapat dibuktikan, ayat tersebut memberikan gambaran Dabbah al-Ardh merupakan hewan melata atau reptil, yang berbeda dengan makhluk-makhluk normal pada umumnya.

BACA JUGA:Ada yang Menyebut Tanah Gersang Arab Menghijau, tanda Akan Hari Kiamat ? Begini Tanggapan Quraish Shihab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: