Iklan dempo dalam berita

Ini Masjid Tua di Indonesia dan Dunia, Selain Tempat Ibadah juga Bagus untuk Tujuan Wisata

Ini Masjid Tua di Indonesia dan Dunia, Selain Tempat Ibadah juga Bagus untuk Tujuan Wisata

Salah satu masjid tua di Indonesia--

Mulanya, Masjid Wapauwe bernama Masjid Wawame karena terletak di Lereng Gunung Wawane. Pada masa penjajahan Belanda, lokasi masjid sempat berpindah tempat ke Kampung Tahala pada 1614. 

Pada 1646, lokasi Masjid Wapauwe kembali pindah ke Kaitetu yang menjadi lokasi saat ini. Bentuk asli bangunan masjid tidak berubah meskipun masjid ini berkali-kali direnovasi dan pindah lokasi. 

BACA JUGA:Begini Cara Membaca Garis Tangan, Mulai Urusan Jodoh hingga Keuangan Menurut Primbon Jawa

Bangunan masjid ini terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku. Kondisi ini membuat bangunan masjid mudah lepas pasang.

3. Masjid Kuno Bayan Beleq, Lombok

Masjid Kuno Bayan Beleq merupakan salah satu masjid tertua di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid ini memiliki atap rumbia, letaknya di Jalan Labuan Lombok, Desa Bayan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Masjid Kuno Bayan Beleq hanya digunakan untuk sholat pada saat  perayaan hari besar Islam, seperti Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, tahun baru Islam, dan kegiatan besar keagamaan lainnya.

4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon

Lokasi masjid tertua di Indonesia ini adalah di Jalan Kasepuhan, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Masjid Agung Sang Cipta Rasa sudah berusia hingga 525 tahun. Bangunan masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Cirebon. 

BACA JUGA:8 Faktor yang Menyebabkan Telapak Kaki Pecah-Pecah dan Cara Mengobatinya Cukup Gunakan 7 Bumbu Dapur Ini

Selain Sunan Gunung Jati, anggota Wali Songo yang berperan besar dalam pembangunan masjid ini adalah Sunan Kalijaga. 

Di masjid ini terdapat saka guru (tiang utama) yang dibuat dari tatal, yaitu pecahan-pecahan kayu berukuran kecil yang disatukan. 

Menurut cerita, saka guru yang dibuat oleh Sunan Kalijaga ini melambangkan kesatuan atau kegotongroyongan. Sementara, atap masjid berbentuk bersusun tiga.

5. Masjid Agung Demak, Demak

Masjid Agung Demak didirikan pada 1474, hingga saat ini usianya mencapai 549 tahun. Masjid Agung Demak merupakan kerajaan bercorak Islam pertama yang berdiri di Tanah Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: