Iklan dempo dalam berita

Ini Masjid Tua di Indonesia dan Dunia, Selain Tempat Ibadah juga Bagus untuk Tujuan Wisata

Ini Masjid Tua di Indonesia dan Dunia, Selain Tempat Ibadah juga Bagus untuk Tujuan Wisata

Salah satu masjid tua di Indonesia--

BACA JUGA:Cara Hilangkan Mabuk Perjalanan dengan Aroma Terapi, Aroma Minyak Jahe Paling Disukai dari 6 Rekomendasi

Setelah selesai pembangunannya, nabi biasa pergi ke sana, mengendarai unta atau berjalan kaki, untuk menunaikan salat dua rakaat.

Masjid itu berisi sebuah sumur milik Abu Ayyub Al-Ansari. Sumur itu menjadi tempat yang diberkati karena unta betina Nabi pertama kali berlutut di sana untuk meminum airnya, setelah menempuh perjalanan panjang bersama nabi.

Dengan meningkatnya jumlah jemaah dan juga karena kondisinya yang diakibatkan oleh perjalanan waktu, lingkungan dan cuaca, Pemerintah Saudi pada masa pemerintahan Raja Fahd bin Abdul-Aziz pada tahun 1986, telah merenovasi dan memperluas masjid ini secara besar-besaran dengan interior dan eksterior yang mengesankan.

Dengan empat menara dan 56 kubah, Masjid Quba menjadi masjid terbesar dan bergengsi kedua di kota. Selama berabad-abad terakhir, umat Islam telah memberi banyak perhatian pada Masjid Quba.

BACA JUGA:Bau Nafasmu Bikin Minder, Coba 5 Minuman Ini Biar Ngobrol Makin Pede

Perhatian itu mendorong sejumlah perbaikan, perawatan dan renovasi oleh sejumlah khalifah pada masa-masa itu. Khalifah ketiga, Utsman bin Affan adalah pemimpin yang melakukan renovasi pertama terhadap kondisi masjid.

Sedangkan, Khalifah Omar bin Abdul Aziz membangun menara masjid pertama. Lalu, masjid itu direnovasi lagi pada 1044 oleh Abu Yali Al-Husaini yang membangun ceruk doa yang dikenal sebagai "Mihrab."

Pada tahun 1160, beberapa penambahan dilakukan pada Masjid Quba oleh Kamal Al-Din Al-Isfahani. Renovasi masjid silih berganti dan perubahan terakhir dilakukan pada zaman Sultan Abdul Majid pada tahun 1830 pada masa Kekaisaran Ottoman.

Di zaman modern, rezim Saudi mengambil alih masjid dengan memberikan tanggung jawab kepada Kementerian Urusan Haji yang melakukan renovasi lebih lanjut dan menambahkan struktur ke desain aslinya.

BACA JUGA:Segmen Tertinggi di Kelas C Series, Realme C67 Usung Fitur Fotografi dengan Kamera 108MP

Masjid Quba modern adalah prestasi arsitektur yang dilengkapi dengan fasilitas terbaru dengan tetap mempertahankan identitas kemurnian Islamnya. Masjid telah diperluas untuk menampung lebih dari 20 ribu jamaah.

Ada juga kompartemen terpisah untuk para wanita sehingga Bunda dapat dengan mudah beribadah tanpa hambatan. 

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: