Iklan RBTV Dalam Berita

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

Gereja tua di Indonesia dan dunia--

Para peneliti memperkirakan bahwa gereja tersebut dapat menampung 60 jemaah ketika pertama kali dibangun, tetapi diyakini hancur dalam gempa bumi pada tahun 363 Masehi. Ketika gereja dibangun kembali, kapasitas gereja hampir dua kali lipat.

4. St. Peter’s Basilica

St. Peter’s Basilica merupakan salah satu gereja tertua yang lokasinya ada di Vatikan. Salah satu dari Gereja Tertua di dunia ini diperkirakan dibangun mulai tahun 326 masehi dan selesai pada 360 masehi. 

BACA JUGA:BKKBN Buka Lowongan Kerja Satgas Stunting 2024, Lulusan SMA hingga S1 Buruan Daftar

Hingga kini, bangunan dari gereja ini masih dimanfaatkan sebagai tempat ibadah dari Katolik roman. 

Bangunan dari St. Peter’s Basilica yang ada sekarang ini memang bukan bangunan asli karena bangunan dari St. Peter’s Basilica sudah dibangun kembali pada abad ke-16. 

5. Church of Nativity

Termasuk ke dalam salah satu gereja tertua di dunia, Church of the Nativity adalah gereja yang sangat menarik. Hal ini disebabkan karena Church of the Nativity ini merupakan gereja yang dibangun di atas tempat kelahiran Yesus yang lokasinya di Betlehem, Palestina. Diperkirakan bangunan ini mulai dibangun pada tahun 325 masehi.

Sampai sekarang, Church of the Nativity ini masih digunakan sebagai tempat ibadah. 

Bahkan, penggunaan gereja ini sebagai tempat ibadah tidak hanya dilakukan oleh 1 komunitas tapi 4 komunitas monastik yang ada di daerah tersebut, yaitu Yunani ortodoks, apostolik Armenia, Katolik Roma dan juga ortodoks Syria. 

Sebagai salah satu gereja yang besar dan bersejarah, gereja ini dilindungi oleh UNESCO sebagai situs peninggalan dunia. 

BACA JUGA:Ini Masjid Tua di Indonesia dan Dunia, Selain Tempat Ibadah juga Bagus untuk Tujuan Wisata

6. Basilica of San Lorenzo

Basilica of San Lorenzo ini merupakan gereja yang berlokasi di Milan, Italia. Pada masanya, gereja ini berfungsi sebagai gereja Katolik Roma. Bangunan gereja ini diperkirakan dibangun mulai tahun 364 masehi dan hingga kini masih digunakan sebagai gereja. 

Selain merupakan gereja tertua di dunia, Basilica of San Lorenzo juga merupakan bangunan paling tua di Milan yang masih berdiri. Meskipun sudah tua, tapi bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang memiliki kesan mendalam dari segi arsitekturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: