Iklan dempo dalam berita

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

Gereja tua di Indonesia dan dunia--

BACA JUGA:Asus Tuf Gaming F15 2023, Didukung Spesifikasi Game, Dijamin Puas

Nama tersebut disematkan karena penunjuk arah yang berada di puncak bangunan berbentuk ayam dan menjadi ciri khas gereja ini. Gereja ini menyimpan sebuah Alkitab kuno yang berukuran besar dan menggunakan bahasa Belanda. 

3. Gereja Santa Maria de Fatima, Jakarta Barat

Berada di kawasan Jakarta Barat, Gereja Santa Maria de Fatima sudah berdiri sejak awal abad ke 19. Gereja ini sedikit berbeda dengan gereja lain karena memiliki gaya bangunan oriental atau mirip seperti klenteng. 

Hal tersebut dikarenakan tujuan awal dari pembangunan gereja ini adalah untuk ibadah dan sekolah bagi bangsa China yang merantau atau disebut dengan Hoakiau

Gereja yang digunakan oleh umat Katolik ini sampai sekarang masih menggunakan bahasa Mandarin. Gereja ini dibangun setelah ada perintah Mgr. Adrianus Djajasepoetra, SJ kepada Pater Wilhelmus Krause Van Eeden SJ.

BACA JUGA:Asyik, Pemerintah Buka 1,3 Juta Formasi CPNS Tahun 2024, Fresh Graduate Persiapkan Dirimu

4. Gereja Merah, Kediri

Kota Kediri, Jawa Timur juga memiliki satu gereja yang sudah hadir sejak tahun 1862. Gereja tersebut adalah Gereja Merah yang digunakan untuk beribadah umat  Protestan Immanuel. Gereja ini berlokasi di Bandar Lor, Kec. Mojoroto. 

Gereja dengan ciri khas memiliki warna merah ini pada awalnya berwarna putih.  

Namun diganti menjadi merah pada tahun 1969 dan masih bertahan hingga saat ini. Gereja ini dibangun oleh seorang pendeta Belanda yang bernama JA Bores. 

Keunikan lain dari gereja ini adalah bangunannya yang menggunakan sistem bongkar pasang dan menyimpan injil kuno yang sudah berusia 1,5 abad. 

Gereja dengan sistem seperti ini hanya ada dua di dunia yakni di Indonesia dan Belanda. 

5. Gereja Blenduk, Semarang

Bagi warga Semarang tentu sudah tidak asing lagi dengan gereja Blenduk yang memiliki ciri khas dengan atapnya berbentuk blenduk. Gereja ini termasuk ke dalam daftar gereja pertama di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: