Iklan dempo dalam berita

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

Gereja tua di Indonesia dan dunia--

1. Gereja Dura-Europos

Gereja tertua di dunia yang pertama adalah Dura-Europos Church. Gedung ini dibangun sekitar 233 M dan terletak di Dura-Europos, Suriah. Diperkirakan sebagai gereja untuk masyarakat Kristen Protestan Dura-Europos kemungkinan adalah gereja Kristen tertua yang ada di dunia.

BACA JUGA:Singgah Lagi ke Indonesia, Waspadai Covid-19 Varian Eris, Seperti Ini Gejalanya

Namun, sebelum digunakan sebagai gereja, diyakini bahwa bangunan itu adalah rumah pribadi. 

Saat ini, gereja Dura-Europos berada dalam reruntuhan yang digali sepenuhnya selama tahun 1920-an dan 1930-an oleh tim arkeolog Perancis dan Amerika.

2. Gereja Megiddo

Di posisi kedua gereja tertua di dunia ditempati oleh gereja Megiddo. Terletak di Tel Megiddo, Israel. Gereja ini dibangun pada akhir abad ke-3 hingga awal abad ke-4 M. Gereja Megiddo pun kini tinggal reruntuhan.

Ada hal menarik tentang Gereja Megiddo yaitu gereja ini dibangun di lokasi penjara modern, para narapidana menemukan petunjuk pertama dari sebuah situs arkeologi pada tahun 2005. 

Para arkeolog pun mulai menggalinya dan mereka menemukan beberapa informasi yang luar biasa. 

Bangunan itu berbentuk persegi panjang, dan para arkeolog juga menemukan mosaik yang terpelihara dengan baik dan beberapa artefak Kristen. Bahasa kata-kata yang tertulis dalam mosaik adalah bahasa Yunani. 

BACA JUGA:Honornya Naik 2 Kali Lipat, Kapan Gaji KPPS Pemilu 2024 Cair? Silakan Cek di Sini

Terlihat pula tampilan ikan yang diyakini sebagai simbol awal kekristenan. Para ahli kemudian percaya bahwa situs tersebut awalnya bukan gereja, tetapi berubah menjadi gereja sekitar awal abad ke-4.

3. Gereja Aqaba

Gereja tertua selanjutnya adalah Gereja Aqaba, dibangun pada tahun 293-303 M. Bangunan ini berlokasi di Aqaba, Yordania. Bangunan ini pun kini tinggal reruntuhan. 

Gereja Aqaba tersembunyi selama ribuan tahun sampai ditemukan oleh tim arkeolog pada tahun 1998. Selama penggalian, tim menemukan makam dengan salib emas di atasnya, serta lampu kaca, kuburan dengan lebih dari 20 sisa kerangka, dan koin di kotak koleksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: