Iklan dempo dalam berita

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

7 Gereja Tua di Indonesia, 2 Diantaranya ada di Jakarta, Apa Ada di Sumatera?

Gereja tua di Indonesia dan dunia--

Gereja umat Kristen Protestan ini dibangun oleh W. Westmaas, H.P.A. de Wilde pada tahun 1753 yang artinya sudah berusia lebih dari 2,5 abad. 

BACA JUGA:Bisa Lolos dari Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Fakta Mencengangkan Covid-19 Varian Eris, Semua Wajib Waspada

Gereja ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya nasional oleh pemerintah. Gereja ini pada awalnya merupakan rumah panggung Jawa yang kemudian dirombak dan direnovasi pada tahun 1787 hingga 1794 dengan menggunakan gaya Eropa. 

6. Gereja Hati Kudus Yesus, Bantul

Gereja Hati Kudus Yesus atau disebut juga sebagai gereja Ciganjur merupakan sebuah tempat ibadah bagi umat Katolik Roma. Gereja ini dibangun pada tahun 1924 oleh keluarga Schmutzer. 

Keunikan dari gereja ini adalah bangunannya yang menyerupai candi yakini tempat peribadatan umat Hindu. Hal ini dikarenakan arsitektur yang diterapkan pada bangunan ini mengkombinasikan antara Jawa dengan Eropa. Pada saat itu masyarakat Jawa sangat kental akan budaya Hindu-Budha. 

Namun bangunan seluas 2,5 hektar ini telah banyak mengalami perubahan setelah direnovasi akibat gempa dahsyat yang melanda kota Jogja pada tahun 2006.

BACA JUGA:ROG Phone 8 Bakal Rilis Awal 2024 Dengan Prosesor Baru dan Desain ‘Est 2006’

7. Gereja Eben Haezer, Maluku

Meskipun didominasi oleh umat Islam, namun di Maluku terdapat sebuah gereja yang sudah berdiri lebih dari 300 tahun lalu. Gereja tersebut adalah Gereja Eben Haezer yang berada di Di Desa Sila-Leinitu Pulau Nusa Laut. 

Gereja ini dibangun pada tahun 1715 yakni pada masa kepemimpinan Raja Sila yang bernama Djouw Louis Pati Sila. 

Keaslian bangunan gereja ini masih terjaga hingga saat ini meskipun sudah mengalami beberapa kali renovasi. Beberapa benda yang sudah ada sejak awal pembangunan pun masih terjaga. 

Prasasti tersebut antara lain prasasti yang menjelaskan sejarah gereja dan petarana raja atau mahkota raja yang digunakan pada saat beribadah. 

Tidak hanya di Indonesia, bahkan gereja-gereja tertua banyak dibangun di setiap negara, terutama negara yang mayoritas beragama Kristen.

Berikut ini beberapa daftar gereja tertua di dunia :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: