Iklan dempo dalam berita

6 Vihara Tertua di Indonesia, Selain Indah Bangunannya juga Sarat Dengan Cerita

6 Vihara Tertua di Indonesia, Selain Indah Bangunannya juga Sarat Dengan Cerita

6 Vihara tertua di Indonesia--

3. Vihara Hok Tek Bio

Vihara Hok Tek Bio ini berada di Bogor dan menjadi vihara tertua di bogor yang masih berfungsi sampai saat ini. Ketika memasuki area Vihara ini akan terlihat adanya gapura dengan gaya khas Cina yang cukup kental. 

Pada dinding di bagian kiri Vihara ada lukisan harimau Belang, Biksu Tong Sam Chong yang tengah duduk diatas punggung kuda Putih. Dimana dikawal oleh Sun Go Kong, Tie Pat Kay dan Sam Cheng. 

Lukisan itu sendiri diambil dari sebuah novel klasik Tiongkok yang berjudul Shi You Ji atau Perjalanan ke Barat yang merupakan karya dari Wu Cheng-en pada masa–masa dinasti Ming.

Sedangnya di sebelah kanan dari bangunan Vihara, ada lukisan yang tidak kalah cantiknya yakni mengenai legenda Delapan Dewa di dalam ajaran Tao.

BACA JUGA:4 Pura Bersejarah di Bali serta Cerita Menarik di Belakangnya, Salah Satunya Pura Lempuyang Luhur

4. Vihara Dharma Suci di Belitung Timur

Vihara Dharma Suci berlokasi di Belitung Timur, bangunan ini menyerupai gapura yang bergaya klasik Tiongkong dan sangat cantik. Bangunan yang memiliki ukuran cukup luas ini memang menjadi salah satu Vihara yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. 

Tak hanya keturunan  kepercayaan Kong Hu Chu dan Budha saja.

Di tempat ini juga terlihat adanya grup kesenian Barongsai yang cukup terkenal. Pada gapuranya sendiri ada dua naga yang saling berebut mustika. 

Sedang di samping kedua pilar gapura terdapat arca Poksay atau Singa yang memiliki wajah kembar yang garang. Untuk ruangan utama dari bangunan ini terbilang cukup luas da terdapat ratusan lilin yang berjejer.

5. Vihara Hong Tiek Hian

Vihara ini sudah dibangun sejak tahun 1292 silam. Ada pun cerita sejarah yang selalu diingat oleh masyarakat atau keturunan Buddha yakni kabarnya vihara ini telah dibangun oleh pasukan Tartar tepatnya pada masa Khu Bilai Khan di awal berdirinya kerajaan Majapahit. Itu adalah sekitar abad ke  13.

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun Kasus Covid-19 Indonesia Melonjak, Kemenkes Minta Lengkapi Vaksin

Di Vihara ini terdapat dua bangunan utama, diantara kedua bangunan tersebut, ada sebuah gang yang menjadi jalan untuk menuju ke pemukiman warga. Sedangkan ketika memasuki area belakang vihara, ada tempat pemujaan yang dihiasi oleh ornamen bergaya Cina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: