Iklan RBTV Dalam Berita

Lagi Presentasi, Hindari 6 Hal Ini Ketika Public Speaking Agar Maksud dan Tujuanmu Sampai ke Audiens

Lagi Presentasi, Hindari 6 Hal Ini Ketika Public Speaking Agar Maksud dan Tujuanmu Sampai ke Audiens

Hal yang harus Anda hindari Ketika sedang public speaking --

3. Menggunakan Bahasa Tubuh yang Tidak Tepat 

Bahasa tubuh adalah komponen penting dalam berbicara di depan publik. Namun, banyak orang melakukan kesalahan dengan menggunakan bahasa tubuh yang tidak tepat dan terkesan tidak penting, seperti melihat ke bawah, bereaksi secara berlebihan, atau tidak menjaga kontak mata dengan audiens.

Untuk menghindari kesalahan ini, Anda dapat melakukan latihlah body language saat berbicara di depan publik. Pertahankan kontak mata dengan audiens Anda, gunakan gerakan tangan yang diatur dengan baik, dan pertahankan sikap yang percaya diri. Dengan bahasa tubuh yang tepat, Anda dapat menyampaikan pesan secara lebih efektif dan meningkatkan interaksi dengan audiens.

Adapun body language yang harus Anda hindari saat public speaking adalah memasukkan tangan ke kantong Anda, membetulkan rambut, menjilat bibir Anda terlalu sering, menaruh tangan di belakang, menyentuh wajah Anda dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Lagi Viral, Ini Rekomendasi 4 Jenis Kue Pastri Asal Prancis Cocok Menu Kumpul Keluarga

4. Tidak Mengelola Waktu Dengan Baik 

Hal yang harus Anda hindari adalah manajemen waktu yang buruk. Manajemen waktu yang buruk ini merupakan kesalahan yang sering terjadi saat berbicara di depan publik. Banyak orang menjadi terjebak karena harus menjelaskan secara detail sehingga membuat presentasi menjadi terlalu lama. Untuk mengatasi ini Anda hanya perlu berbicara pada poin penting saja, sehingga audiens tidak menjadi bosan atau kehilangan minat.

Anda dapat membuat rencana waktu yang lebih jelas. Tentukan berapa lama waktu yang kita miliki untuk presentasi dan bagi waktu itu ke setiap bagian penting. Jaga agar Anda tetap pada waktu yang ditentukan dan jangan takut untuk memotong beberapa poin jika diperlukan. Dengan mengelola waktu dengan baik, kita akan menjaga perhatian audiens tetap terjaga.

BACA JUGA:Panorama Indah dan Cocok untuk Snorkeling, Wisata ke Pulau Tikus Sangat Murah

5. Kurang Berlatih 

Kesalahan fatal satu ini harus Anda hindari saat berbicara di depan public. kurangnya Latihan akan mengacaukan semua yang telah kamu bangun dan tunggu tunggu dari jauh hari. Sehingga Anda harus benar benar berlatih untuk membuat presentasi yang Anda sampaikan didepan public dapat berjalan lancar, mulailah dari latiahn mengolah rasa gugup Anda, body language, speaking dan hal lainya yang dapat membantu Anda tampil lebih baik di depan public.

BACA JUGA:Pergantian Musim Rawan Sakit, Kerjakan Hal Berikut agar Tetap Fit, Asupan Vitamin juga Penting

6. Membaca Slide Terlalu Sering.

Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat menggunakan slide presentasi. Meskipun slide PowerPoint dapat sangat membantu dalam public speaking, tetapi membaca slide terlalu sering sebaiknya tidak Anda lakukan. Ini dapat membuat audiens merasa tidak diperhatikan dan cenderung menyebabkan mereka tidak mendengarkan Anda dengan baik. 

Selain itu, terlalu banyak menampilkan data pada slide juga sebaiknya dihindari. Data yang berupa angka cenderung sulit dibaca dan dapat membuat presentasi menjadi membosankan dan pada akhirnya membuat audiens Anda pergi atau mencari kesibukan sendiri. Lebih baik mencari cara untuk menyampaikan data tersebut dengan cara yang menarik, baik melalui elemen visual maupun verbal. Hal ini akan membantu menjaga minat dan perhatian audiens selama presentasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: