Iklan dempo dalam berita

Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya, Bisa Turun 2,7 Kg Dalam Hitungan Minggu

Turunkan Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu alternatif agar berat badan bisa turun dan tubuh tetap sehat adalah dengan berjalan kaki dengan konsisten setiap hari.

Ternyata dari berbagai penelitian yang sudah dilakukan, berjalan kaki efektif bisa menurunkan berat badan.

BACA JUGA:Berapa Lama Jalan Kaki dalam Sehari Agar Tubuh Sehat dan Prima? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Youtube Diet Santuy, pada 2017 terdapat penelitian terhadap 80 orang yang kegemukan, dimana 80 orang itu dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing 40 orang.

Masing-masing kelompok ini diminta untuk melakukan diet dengan gaya yang sama, yaitu defisit kalori dengan makanan yang bergizi.

Namun, grup pertama diminta untuk melakukan aktivitas mereka seperti biasanya, sedangkan grup kedua diminta untuk berjalan kaki tiga jam per minggu.

BACA JUGA:Cukup Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari, Dapatkan 10 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

Penelitian yang dilakukan selama 12 minggu ini memberikan hasil yang mengejutkan, dimana grup pertama pertama hanya mengalami penurunan berat badan kurang lebih tujuh kilogram tanpa penurunan lemak.

Sedangkan grup kedua yang berjalan kaki mengalami penurunan berat badan hampir sembilan kilogram, tepatnya 8,8 kilogram dan penurunan lemak 1,6 kilogram.

Kemudian, dalam ebuah studi dalam Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry (2014) melakukan pengujian pada wanita obesitas yang berjalan kaki.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Aman Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Bayi

Pengujian ini menemukan bahwa wanita yang jalan kaki tiga hari per minggu selama 50–70 menit mampu menurunkan berat badan sekitar 2,7 kg selama 12 minggu.

Berjalan kaki mungkin bisa menurunkan berat badan, tetapi hal ini akan lebih efektif dengan mengombinasikan olahraga dan pengurangan asupan kalori harian.

Studi selama 12 minggu dalam Journal of Nutrition (2017) menemukan bahwa membatasi asupan kalori yang dibarengi dengan jalan kaki dapat membuat tubuh kehilangan lebih banyak berat badan daripada melakukan diet saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: