Iklan dempo dalam berita

Ternyata Kopi Pertama di Indonesia Bukan dari Sumatera, Namun di Daerah Ini

Ternyata Kopi Pertama di Indonesia Bukan dari Sumatera, Namun di Daerah Ini

Sejarah kopi Indonesia--

BACA JUGA:Setelah Lulus Seleksi, Kapan Mitra Statistik Mulai Bekerja? Seperti Ini Aturan Kerjanya

Produksi kopi jenis ini cukup rendah, yaitu hanya sekitar 1-2 persen dari produksi kopi dunia. Sayangnya, jenis kopi tersebut juga tidak bisa bertahan dari penyakit karat daun yang tengah melanda Indonesia saat itu.

Hingga pada tahun 1900-an, Belanda akhirnya membawa dan memperkenalkan kembali biji kopi jenis robusta kepada para petani di Jawa Timur. Ternyata, jenis kopi ini cukup kuat untuk bertahan dari serangan penyakit karat daun. Budidaya kopi robusta semakin meluas hingga menjalar ke Sumatera.

Tahun 1942, Jepang menginvasi Indonesia dan mengambil alih perkebunan kopi dari pihak Belanda. Jepang juga memaksa rakyat Indonesia menanam kopi lalu mengirimnya ke Jepang. 

Hingga pada tahun 1945, saat Indonesia merdeka, perkebunan kopi di Indonesia menjadi hak milik pemerintah yang kemudian diserahkan ke rakyat melalui program reforma agraria.

BACA JUGA:5 Posisi Strategis Tersedia, PT Bina Pertiwi Buka Loker Terbaru Desember 2023, Pendaftaran Lewat Online

Tahun 1970-an, Indonesia mengalami krisis ekonomi. Dampaknya juga dirasakan pada sektor perkebunan kopi. Banyak petani kopi yang beralih ke kelapa sawit, cokelat, dan karet. 

Produksi kopi menurun dan Indonesia kehilangan posisinya sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia.

Namun, memasuki tahun 1980, Indonesia kembali mengembangkan kopi spesial dengan cita rasa dan kualitas yang tinggi. Seperti kopi Gayo dari Aceh, kopi Kintamani dari Bali, kopi Toraja dari Sulawesi, kopi Liberika Rangsang Meranti dari Riau, hingga kopi Bajawa dari Flores sebagai kopi spesial asal Indonesia.

Kopi spesial Indonesia mendapat tempat serta pengakuan dunia. Tahun 1990-an perkembangan kopi di Indonesia semakin menjadi. Banyak orang-orang yang mempelajari bidang roasting, brewing, dan serving di Indonesia. 

BACA JUGA:Olahraga Jalan Kaki Ala Rasulullah SAW, Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kemudian banyak muncul kedai kopi, barista, roaster kopi dengan berbagai macam jenis, varietas, dan cara penyajian.

Hingga saat ini, kopi sudah menjadi salah satu bagian atau gaya hidup bagi masyarakat Indonesia karena selalu menemani saat bekerja, belajar, dan bersantai. 

Selain itu sekarang ini kopi juga sudah banyak memiliki perubahan seperti rasa dan juga tentunya kemasan. Itulah rangkuman informasi mengenai sejarah kopi dan ragam jenisnya di Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: