Iklan dempo dalam berita

Sudah Pernah Minum 10 Jenis Kopi Termahal di Dunia Belum, Selain Kopi Luwak, Ada Kopi Olahan dari Perut Gajah

Sudah Pernah Minum 10 Jenis Kopi Termahal di Dunia Belum, Selain Kopi Luwak, Ada Kopi Olahan dari Perut Gajah

Daftar kopi termahal di Dunia--

5. Hawaiian Kona Coffee

Hawaiian Kona Coffee memanfaatkan salah satu biji kopi paling langka di dunia yang hanya tumbuh di Pulau Hawaii. Itu sebabnya harga kopi ini sangat tinggi, yakni mencapai sekitar Rp760 ribu per pound. 

Tak jarang produsen hanya menggunakan 10 persen biji kopi kona dan 90 persen sisanya dicampur dengan biji kopi impor atau lokal. Biasanya kopi campuran harganya lebih murah, sekitar Rp300-Rp400 ribuan.

6. Jamaican Blue Mountain Coffee

Biji kopi ini tumbuh di Blue Mountain, Jamaika, tepatnya pada ketinggian 5.000 kaki. Jamaican Blue Mountain Coffee sangat digemari di Jepang, karena rasanya yang lembut dan tidak terlalu pahit. 

Jepang juga merupakan negara terbesar yang mengimpor jenis kopi ini, bahkan beberapa produknya hanya melayani ekspor ke Negeri Sakura saja. Untuk satu pond-nya, biji kopi ini dihargai sekitar 50 dolar atau Rp754 ribu.

7. Fazenda Santa Ines Coffee

Kopi asal Brasil ini terkenal dengan cita rasa uniknya, karena dominan manis dengan aroma buah-buahan yang kuat. Biji kopi Fazenda Santa Ines didapat dari kaki Gunung Mantiquera, Brasil. Kopi tersebut kabarnya sudah diolah secara tradisional lebih dari 100 tahun lalu.

8. Black Blood of the Earth

Kopi ini digadang-gadang punya kafein 20-40 kali lebih banyak dibanding kopi biasa. Philip Broughton, sang penemu, mengambil biji kopi dari kawasan lembah Afrika dan Ethiopia yang karakternya cenderung berminyak. Black Blood of Earth diolah dengan teknik cold vacuum extraction, sehingga menghasilkan kafein yang lebih tinggi, tapi minim asam.

Kopi tersebut dijual dalam kemasan botol beraneka ukuran seharga antara 40-50 dolar, atau sekitar Rp596 ribu per botol. Uniknya lagi, ia kerap bekerja sama dengan seniman internasional untuk desain gambar pada botolnya.

9. El Salvador Los Planes

El Salvador Los Planes kerap menyabet penghargaan bergengsi, salah satunya "Cup of Exellence Award" sebagai biji kopi terbaik dunia. Tak heran jika harganya cukup tinggi, yakni sekitar Rp596 ribu per pound. 

Kopi ini punya karakteristik yang unik, tergantung tingkat roasting-nya. Biji medium-roasted  dominan akan terasa lebih nutty dan creamy. Sedangkan, biji deep-roasted didominasi aroma campuran blackcurrant, cokelat, dan gula merah.

10. Finca El Injerto Coffee

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: