Iklan dempo dalam berita

Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Meningkat, Penting Ini Pertolongan Pertama jika Digigit Anjing atau Kucing

Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Meningkat, Penting Ini Pertolongan Pertama jika Digigit Anjing atau Kucing

Pertolongan pertama jika digigit anjing--

Untuk mencegah infeksi akibat digigit anjing, pertolongan pertama yang tak kalah penting adalah memberikan tekanan pada daerah luka. 

BACA JUGA:Kejari Kaur Tetapkan Mantan Sekretaris KPU Kaur Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah KPU Tahun 2022

Khususnya bila terdapat perdarahan yang mengalir aktif pada luka gigitan, penekanan tersebut akan membantu perdarahan segera berhenti.

4. Berikan Antiseptik

Tahapan berikutnya adalah gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan luka secara maksimal. Ini dilakukan agar infeksi akibat gigitan anjing tidak terjadi.

5. Balut Luka

Luka yang sudah dibersihkan menggunakan antiseptik perlu segera ditutup. Kamu bisa membalut luka dengan kasa steril. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya infeksi.

6. Posisikan Lokasi Gigitan

Pastikan kamu memosisikan luka bekas gigitan anjing dengan tepat. Kamu sebaiknya meletakkan bagian yang terluka pada posisi yang lebih tinggi. 

BACA JUGA:Pak Pos yang ‘Menolak’ Pensiun, Terima Kasih ya Pak Sudah Melayani Masyarakat Indonesia

7. Konsumsi Obat Antinyeri

Bila tahapan pertolongan pertama digigit anjing tersebut telah dilakukan, lalu kamu merasakan nyeri pada luka, maka konsumsi obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu. 

8. Periksakan Diri ke Dokter

Penanganan gigitan anjing memang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengikuti panduan di atas. Kendati demikian, jangan lupa untuk segera ke dokter terdekat untuk perawatan luka lebih lanjut.

Selain itu, usahakan untuk mendapatkan vaksinasi rabies dalam hitungan beberapa jam setelah insiden digigit anjing. Terlebih jika digigit oleh anjing liar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: