Iklan dempo dalam berita

6 Cara Cepat Hamil Setelah Operasi Kuret, Pahami juga 7 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda

6 Cara Cepat Hamil Setelah Operasi Kuret, Pahami juga 7 Penyebab Keguguran saat Hamil Muda

Cara mudah hamil setelah operasi kuret--

1. Faktor Genetik

Sekitar 2%-4% kasus keguguran berkaitan dengan faktor genetik. Oleh karena itu, penting bagi calon ibu untuk melakukan tes genetik sebelum merencanakan kehamilan.

BACA JUGA:5 HP Realme Termurah RAM 12GB Awal Tahun 2024 yang Support Aktivitas Multitasking

Gen berupa DNA yang tersusun dari kromosom-kromosom merupakan susunan ‘rangka’ pembentukan makhluk hidup. Kromosom ini akan menentukan seseorang akan memiliki rambut seperti apa, warna mata apa, dan sebagainya.

2. Adanya Gangguan Plasenta 

Gangguan plasenta bisa menjadi penyebab keguguran. Perlu diketahui, plasenta memiliki peran penting selama kehamilan karena menghubungkan peredaran darah ibu dengan peredaran darah janin.

Oleh karena itu, kebutuhan oksigen dan nutrisi janin terpenuhi melalui asupan darah dari ibu. Jika ada masalah atau kelainan pada plasenta, bayi tidak akan mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen. Akibatnya, perkembangan bayi menjadi terganggu, terhambat, bahkan terhenti sehingga memicu keguguran.

BACA JUGA:Pamer Teknologi, Ini Deretan Laptop dan Smartphone Gaming di CES 2024 yang Termahal Dibanderol Rp46 Juta

3. Infeksi

Ketika hamil, daya tahan tubuh akan turun dan rentan terkena penyakit. Kondisi ini juga dapat menjadi penyebab gugurnya kandungan. Ada beberapa jenis infeksi yang rentan menyerang ibu hamil dan meningkatkan risiko keguguran, yaitu TORCH (toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, dan herpes simplex) dan coxsackievirus.

Selain itu, infeksi menular seksual seperti klamidia, HIV, sifilis, dan gonore juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

4. Faktor Usia Ibu

Ini juga dapat menjadi hal yang menyebabkan keguguran. Penelitian mengatakan, risiko keguguran sebesar 12-15% terjadi pada usia 20 dan meningkat menjadi 25% pada usia 40 tahun.

BACA JUGA:Pinjam Rp 40 Juta KUR BRI 2024 Tanpa Jaminan Sertifikat, Ajukan Lewat Online Lebih Cepat, Bunga 3-9% Per Tahun

Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, insidensi terjadinya kelainan pada kromosom janin ikut meningkat. Sel telur yang dihasilkan oleh wanita berusia di atas 35 tahun lebih buruk ketimbang mereka yang berusia muda. Janin pun mungkin tidak dapat bertumbuh dan berkembang sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: