Iklan RBTV Dalam Berita

Dianjurkan Mandi Sunnah, Berikut Doa Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan serta Tata Caranya

Dianjurkan Mandi Sunnah, Berikut Doa Niat Mandi Keramas Puasa Ramadhan serta Tata Caranya

Niat dan cara mandi sunnah sebelum ramadhan--

5. Lakukan Gerakan Wudhu Sempurna

Lakukan gerakan wudhu yang sempurna, seperti yang dilakukan saat akan melaksanakan salat. Dimulai dari membasuh tangan hingga mencuci kaki.

6. Pangkal Rambut dan Kepala

Masukkan tangan ke dalam air, sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan hingga menyentuh kulit kepala. Guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali, memastikan agar air mencapai pangkal rambut.

7. Bilas Seluruh Tubuh dengan Air

Gunakan air untuk membilas seluruh tubuh, dimulai dari sisi kanan tubuh dan dilanjutkan dengan sisi kiri tubuh. Pastikan seluruh bagian tubuh, termasuk lipatan kulit dan bagian tersembunyi, ikut terbersihkan.

BACA JUGA:Ini Cara Dapat Tiket Gratis Mudik Lebaran 2024 dari Bank Mandiri dan Indomaret, Jangan Sampai Terlewat

8. Waktu yang Tepat

Mandi keramas sebelum puasa sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang puasa atau pada malam hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Tetapi juga dapat dilakukan pada akhir bulan Syaban menjelang bulan Ramadan.

Tata cara ini sejalan dengan anjuran Islam untuk menjaga kebersihan dan kesucian tubuh, memberikan landasan yang kuat bagi umat Muslim dalam menjalani ibadah puasa dengan hati yang suci dan penuh kesadaran.

Tujuan dari niat mandi keramas sebelum puasa memiliki aspek penting dalam ajaran Islam. Mandi ini tidak hanya ditujukan untuk membersihkan dan menyucikan tubuh dari kotoran atau najis, tetapi juga memiliki makna mendalam terkait dengan kebersihan hati dan persiapan menyambut bulan suci Ramadan.

Pertama-tama, mandi keramas sebelum puasa bertujuan untuk membersihkan tubuh secara fisik. Dengan membersihkan diri dari najis, umat Muslim dapat memasuki bulan Ramadan dengan tubuh yang bersih dan suci.

Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya kebersihan sebagai bagian dari ibadah.

Selanjutnya, tujuan mandi keramas juga terkait dengan kebersihan hati. Mandi keramas tidak hanya sekadar tindakan fisik, melainkan juga merupakan sarana untuk membersihkan hati dari berbagai penyakit hati, seperti rasa iri, dengki, dan sifat-sifat negatif lainnya.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Online BRI 2024 Rp 9-15 Juta, Penuhi Syarat Berikut dan Dana Dijamin Cair ke Rekening

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: