Iklan dempo dalam berita

9 Kebiasaan yang Membuat Umur Jadi Lebih Pendek, Awas Mati Muda

9 Kebiasaan yang Membuat Umur Jadi Lebih Pendek, Awas Mati Muda

9 Kebiasaan yang Membuat Umur Jadi Lebih Pendek, Awas Mati Muda--Foto: ist

Satu penelitian kecil bahkan menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat kematian yang meningkat sebesar 50 persen dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

BACA JUGA:7 Kebiasaan yang Membuat Anda Tetap Miskin Meski Punya Gaji Besar, Sering Dianggap Sepele

2. Banyak mengonsumsi daging merah atau daging olahan

Menurut Harvard Men’s Health Watch, setiap kali Anda menambahkan satu porsi daging merah atau daging olahan dalam menu makan harian Anda, hal itu akan meningkatkan risiko kematian sekitar 13%.

Anda bisa mengganti daging merah dengan bentuk protein lain seperti ikan, misalnya. Mengonsumsi ikan dapat mengurangi tingkat kematian Anda sebesar 7 persen.

Biji-bijian dan unggas, seperti ayam dan kalkun, akan mengurangi risiko kematian Anda hingga 14 persen, dan kacang-kacangan memberi Anda peluang terbaik untuk umur panjang dengan pengurangan risiko mati dini hingga 19 persen.

BACA JUGA:Kata Mbah Moen, 3 Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Datangnya Rezeki ke Dalam Rumah

3. Kurang tidur atau tidur terlalu banyak

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup akan meninggal lebih cepat. Orang yang sering begadang dan sulit tidur memiliki risiko kematian dini lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memenuhi kebutuhan tidur mereka.

Setidaknya orang dewasa harus tidur tujuh sampai delapan jam semalam. 

Menurut Harvard Medical School’s Healthy Sleep, kurang tidur dari lima jam tidak boleh, sementara lebih dari sembilan jam juga tidak bagus.

Kurang tidur bisa melemahkan kekebalan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Semua ini bisa membuat Anda lebih cepat mendekat ke liang kubur tanpa disadari. 

Para ahli menyarankan agar orang tidur di waktu yang sama setiap malam, serta menghindari minum alkohol atau menggunakan alat-alat elektronik tiga jam sebelum tidur.

BACA JUGA:Segera Tinggalkan 3 Kebiasaan Ini di Rumah, Kata Mbah Moen Bisa Menghambat Rezeki

4. Terlalu banyak duduk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: