Iklan dempo dalam berita

Hati-hati Kadar Gula Naik! Berikut Rekomendasi Menu Buka Puasa bagi Penderita Diabetes

Hati-hati Kadar Gula Naik! Berikut Rekomendasi Menu Buka Puasa bagi Penderita Diabetes

Menu buka puasa untuk penderita diabetes--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Hati-hati kadar gula naik! berikut rekomendasi menu buka puasa bagi penderita diabetes.

Dalam berbuka puasa selama bulan Ramadan, tantangan tersendiri bagi para penderita diabetes adalah menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Terus, apa dong menu buka puasa yang aman untuk penderita diabetes?

Dengan aneka takjil yang seringkali manis dan berminyak menghiasi meja berbuka, mereka harus berhati-hati agar tidak mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan gula darah secara drastis. 

Hal ini menjadi sangat penting karena gula darah yang tidak terkendali dapat memicu berbagai komplikasi serius bagi penderita diabetes. Oleh karena itu, memilih menu berbuka puasa yang aman menjadi suatu keharusan. 

BACA JUGA:Irit BBM dan Handal, Berikut Cicilan Mobil Xenia DP Rp 30 Juta, Tenor Panjang Sampai 5 Tahun

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah dengan selektif memilih menu dan jumlah makanan saat berbuka puasa.

Berikut ini adalah beberapa pilihan menu buka puasa bagi penderita diabetes:

1. Kurma

Buah kurma memiliki rasa manis tetapi memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Namun, penting untuk memperhatikan jumlah konsumsinya, disarankan hanya sebanyak 1–2 biji saja untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

BACA JUGA:Pinjaman Syariah Online Langsung Cair, Pinjam Rp 10 Juta Bunga 0 Persen, Lengkapi Syarat Pengajuannya

2. Buah Potong

Buah potong juga merupakan pilihan yang baik untuk menu berbuka puasa bagi penderita diabetes. Berbagai jenis buah seperti apel, pisang, pir, dan melon memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah. 

Meskipun aman untuk dikonsumsi, penting untuk mengontrol porsi makanan karena buah-buahan mengandung gula alami (fruktosa). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: