Iklan dempo dalam berita

Pertalite Mau Dihapus, Lantas Apa Penggantinya? Begini Penjelasan Lengkapnya

Pertalite Mau Dihapus, Lantas Apa Penggantinya? Begini Penjelasan Lengkapnya

Pemerintah akan menghapus pertalite, apa penggantinya nanti?--

Pertamax Green, sebagai pengganti potensial untuk Pertalite, merupakan salah satu jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (BBM Tertentu atau JBT) atau Bahan Bakar Minyak Subsidi (BBM Subsidi), serta dapat masuk ke dalam kategori Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP).

BACA JUGA:Kapan THR 2024 Karyawan Swasta Cair? Ini Jadwal dan Ketentuannya

Nicke menegaskan bahwa jika Pertamax Green menggantikan Pertalite, harganya tidak akan langsung ditetapkan oleh pasar karena akan melibatkan mekanisme subsidi atau kompensasi yang telah diatur.

Penggantian Pertalite dengan Pertamax Green merupakan bagian dari Program Langit Biru tahap kedua, yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan dan meningkatkan kualitas udara. 

Pertamax Green menawarkan kualitas yang jauh lebih baik daripada Pertalite, dengan tingkat oktan yang lebih tinggi dan formulasi yang lebih ramah lingkungan. 

Jika penggantian ini diimplementasikan, Pertamina akan fokus menjual tiga jenis BBM, yaitu Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo.

BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2024 Kementerian Perhubungan Dibuka, Ini Link dan Syarat Daftar

Pertamax Green 92 merupakan campuran bensin dengan tingkat oktan RON 90 yang dicampur dengan 7 persen etanol, sementara Pertamax Green 95 adalah campuran bensin Pertamax dengan 8 persen etanol. 

Dengan formulasi ini, Pertamina menawarkan dua produk bensin ramah lingkungan yang disebut sebagai "green gasoline" atau "green energy", yang memiliki emisi karbon yang lebih rendah.

Agar lebih jelas, berikut adalah ringkasan kelebihan Pertamax Green 92 beserta informasi terkait jenis-jenis oktan BBM yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan:

Kelebihan Pertamax Green 92:

1. Lebih Ramah Lingkungan

Dengan kandungan nabati di dalamnya, Pertamax Green 92 dapat menurunkan emisi karbon, membuatnya lebih ramah lingkungan.

BACA JUGA:Program Mudik Gratis Lebaran 2024 Pegadaian, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

2. Lebih Irit dan Meningkatkan Performa Mesin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: