Iklan dempo dalam berita

Pertalite akan Dihapus! Ternyata ini Alasan Kuat Pemerintah Ingin Menghapus Pertalite

Pertalite akan Dihapus! Ternyata ini Alasan Kuat Pemerintah Ingin Menghapus Pertalite

Pertalite akan Dihapus! Ternyata ini Alasan Kuat Pemerintah Ingin Menghapus Pertalite --

BACA JUGA:Pertalite Mau Dihapus, Lantas Apa Penggantinya? Begini Penjelasan Lengkapnya

Sebelumnya, dalam program Langit Biru Tahap 1, Pertamina telah meningkatkan produk BBM subsidi dari BBM RON 88 Premium menjadi RON 90 Pertalite.

Dengan mengusulkan penghentian penjualan BBM dengan kadar oktan di bawah 91, Pertamina memastikan bahwa standar emisi Euro 4 dari pemerintah dapat dipatuhi, sekaligus menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA:Motor Kompresi Tinggi Dipaksa Pakai Pertalite, Ketahui Apa Saja Risikonya, Jangan Sampai Menyesal

Penerapan standar emisi Euro 4 Indonesia memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk penurunan pencemaran udara di perkotaan.

Diperkirakan bahwa sebagian besar pencemaran udara di perkotaan disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor, dan dengan penerapan Euro 4 Indonesia, diharapkan kualitas udara akan meningkat, yang pada gilirannya akan memperbaiki kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA:Bukan Cuma Bikin Malu, Ini 5 Risiko Mobil Mewah Dipaksa Minum Pertalite

Tidak hanya itu, penerapan kebijakan Euro 4 Indonesia juga menyamakan standar emisi kendaraan yang dipasarkan di dalam negeri dengan yang diekspor, yang berarti bahwa kendaraan yang diproduksi di Indonesia harus mematuhi baku mutu emisi yang sama dengan yang diekspor. 

BACA JUGA:Pembelian Pertalite Bakal Dibatasi, Ternyata Jenis Kendaraan Ini Memang Tidak Cocok Pakai Pertalite

Hal ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam mengurangi dampak negatif kendaraan bermotor terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Dengan diterapkannya standar emisi Euro 4 Indonesia, diharapkan bahwa kualitas udara yang lebih bersih dan kesehatan masyarakat yang lebih baik akan menjadi kenyataan di masa depan.

Di Indonesia, kualitas bahan bakar yang digunakan masih terbilang buruk karena menggunakan standar Euro 2 dan Pertalite termasuk kedalam standar Euro 2 yang dapat mencemarkan polusi udara.

BACA JUGA:Ini Daftar Daerah yang Sudah Memberlakukan Pembatasan Pembelian Pertalite dari Tahun 2023

Polusi udara tersebut dapat menyebabkan beberapa penyakit, terutama penyakit pernapasan. Penyakit-penyakit yang terjadi karena polusi udara adalah sebagai berikut.

1. Penyakit Asma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: