Iklan dempo dalam berita

Sedekah Banyak keutamaan, tapi Simak Dulu Kepada Siapa Sedekah Terbaik dan Paling Utama, Begini Penjelasannya

Sedekah Banyak keutamaan, tapi Simak Dulu Kepada Siapa Sedekah Terbaik dan Paling Utama, Begini Penjelasannya

Sedekah terbaik dan paling utama dalam pandangan Islam--

"Sebaik-baik sedekah adalah mengalirkan (menyediakan) air" (HR Ibnu Majah).

Sedekah yang paling utama adalah memberikan air, terutama di tempat-tempat yang kekurangan air dan banyak penduduk yang mengalami kehausan.

Jika tempat tersebut tidak memiliki kekurangan air, maka lebih baik mengalirkan air ke sungai atau memasang saluran air untuk kebutuhan umum.

2. Sedekah kepada orang yang memusuhi

Menurut Ustadz Masykur Arif dalam bukunya "Hidup Berkah dengan Sedekah", Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memberikan sedekah kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi umat Islam.

BACA JUGA:Ini Syarat KTA Line Bank, Kenali Juga Keuntungan, hingga Tips agar Meningkatkan Peluang Pengajuan Disetujui

Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah paling afdhal (utama) ialah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi." (HR Thabrani dan Abu Dawud).

Memberikan sedekah kepada kerabat yang memusuhi bertujuan untuk memperbaiki hubungan, meredakan konflik, serta membuka pintu kesadaran dan kelembutan hati di antara sesama.

3. Sedekah kepada keluarga dan kerabat

Rasulullah SAW menjelaskan dalam sebuah hadits bahwa sedekah kepada keluarga dan kerabat memiliki nilai lebih utama daripada sedekah yang diberikan kepada orang miskin.

Hadits tersebut menyatakan, "Sedekah untuk orang miskin, nilainya hanya sedekah. Sementara sedekah untuk kerabat, nilainya dua; sedekah dan silaturahmi." (HR Nasa'i).

Islam menekankan pentingnya menjaga tali persaudaraan, oleh karena itu, memberikan sedekah kepada keluarga dan kerabat yang membutuhkan adalah cara yang baik untuk mempererat hubungan persaudaraan dalam masyarakat.

4. Sedekah ketika sedang sehat

Rasulullah SAW juga menyatakan bahwa sedekah yang paling utama adalah ketika seseorang memberikan sedekah dalam keadaan sehat dan kaya, sambil sangat mencintai harta dan berharap untuk hidup lama, namun juga takut akan kemiskinan.

BACA JUGA:Jelang Waktu Berbuka Puasa, Rumah Warga Bengkulu Tengah Ludes Terbakar, Seluruh Isi Rumah Hangus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: