Iklan dempo dalam berita

Inilah Golongan Orang Penghuni Neraka Paling Bawah, Apakah Bisa Masuk ke Surga?

Inilah Golongan Orang Penghuni Neraka Paling Bawah, Apakah Bisa Masuk ke Surga?

Inilah Golongan Orang Penghuni Neraka Paling Bawah, Apakah Bisa Masuk ke Surga?--Foto: ist

Arab : اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ يُخٰدِعُوْنَ اللّٰهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْۚ وَاِذَا قَامُوْٓا اِلَى الصَّلٰوةِ قَامُوْا كُسَالٰىۙ يُرَاۤءُوْنَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ اِلَّا قَلِيْلًاۖ - ١٤٢

Latin:innal-munafiqina yukhadi'ulnallaha wa huwa khadi'uhum, wa iza qamū ilas-salati qamu kusala yura`unan-nasa wa la yazkurunallaha illa qalila

Artinya: "Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud tujuan ria atau (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali," (QS. An-Nisa: 142).

BACA JUGA:Kisah 2 Ahli Neraka yang Masuk Surga Gara-gara Husnudzon Kepada Allah

4. Mengajak Berbuat yang Mungkar

Allah menjelaskan pada Surah At Taubah ayat 67 bahwa orang munafik itu dikatakan orang yang fasik. Atau mereka orang-orang yang mengajak untuk berbuat mungkar, dan mencegah perbuatan baik. Berikut Surah At-Taubah ayat 67 yang menjelaskan ciri orang munafik seperti ini.

Arab: اَلْمُنٰفِقُوْنَ وَالْمُنٰفِقٰتُ بَعْضُهُمْ مِّنْۢ بَعْضٍۘ يَأْمُرُوْنَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوْفِ وَيَقْبِضُوْنَ اَيْدِيَهُمْۗ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ - ٦٧

Latin: al-munafiquna wal-munafiqatu ba'duhum mim ba'd, ya`muruna bil-mungkari wa yan-hauna 'anil-ma'rufi wa yaqbiduna aidiyahum, nasullaha fa nasiyahum, innal-munafiqīna humul-fasiqun.

Artinya: "Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah (sama), mereka itu menyuruh (berbuat) yang mungkar lalu mencegah (perbuatan) yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir). Mereka telah melupakan kepada Allah, maka telah Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik," (Q.S At-Taubah: 67).

BACA JUGA:Inilah 3 Golongan Orang yang Menjadi Penghuni Neraka Pertama Kali, Padahal Membawa Amal Besar

Apakah Orang Munafik Bisa Masuk ke Surga?

Menurut Gus Baha, ada munafik yang beriman kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Mereka percaya bahwa kiai itu orang baik. Hanya saja, mereka seringkali berbohong, sedikit mengakali proposal, misalnya. "Ini tidak termasuk munafik kelas berat. Dan ini nanti tetap bisa masuk surga," ujar Gus Baha dalam sebuah pengajian sebagaimana disiarkan kanal Kalam dalam jaringan YouTube .

Selanjutnya, Gus Baha mengatakan, berbohong itu ada dua macam. Pertama, berbohong yang merugikan, atau benar-benar berbohong. Kedua, bohong tapi ada juga yang tidak serius. "Nah, yang kedua ini juga tetap masuk surga. Nabi Muhammad SAW juga sering dibohongi para sahabat," katanya, lalu ia memberi contoh kekonyolan sahabat Nabi SAW, Nu\'aiman yang suka mabuk dan sering \'ngerjai\' Nabi.

Bagi muslim, si munafik dipandang berbahaya, baik itu bagi agama, dan masyarakat. Inti kemunafikan adalah menampakkan kebaikan di depan orang lain, namun menyembunyikan kejahatan dalam dirinya.

Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengatakan, kemunafikan adalah menampakkan kebaikan dan menyembunyikan kejahatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: