Iklan dempo dalam berita

Lebaran Makin Istimewa, Ini Resep Opor Ayam Kuning Spesial untuk Lebaran, Pasti Keluarga Suka!

Lebaran Makin Istimewa, Ini Resep Opor Ayam Kuning Spesial untuk Lebaran, Pasti Keluarga Suka!

Bahan dan cara memasak opor ayam untuk hidangan lebaran--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Lebaran makin istimewa, ini resep opor ayam kuning spesial untuk lebaran, pasti keluarga suka!

Opor ayam, sebuah menu makanan wajib yang selalu dinanti-nantikan saat menyambut Hari Raya Idul Fitri, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi lebaran di Indonesia.

Meskipun banyak yang mengira bahwa opor ayam berasal dari Indonesia, namun kenyataannya, makanan lezat ini adalah hasil modifikasi dari budaya asing. 

Sejarah opor ayam dapat ditelusuri hingga zaman dahulu, di mana masakan khas dari dua negara, India dan Arab, yaitu kari dan gulai, menjadi inspirasi untuk menciptakan opor ayam.

BACA JUGA:5 Resep Kue Putri Salju untuk Lebaran Idul Fitri, Lezat dengan 5 Varian Rasa

Proses akulturasi budaya antara Indonesia dengan budaya asing menciptakan opor ayam yang kini menjadi makanan identik saat lebaran.

Pertama kali diperkenalkan oleh orang Arab dan India, opor ayam menyebar di kawasan pesisir Indonesia yang telah tersentuh oleh agama Islam, seperti Sumatera, Jawa, dan Selat Malaka.

Bentuk asimilasi dari Kerajaan Mughal di India, "Qorma," juga memberikan kontribusi dalam pembentukan opor ayam dengan penggunaan santan sebagai bahan utamanya.

Kuah opor ayam, yang khas dengan dua warna berbeda, kuning dan putih, juga mencerminkan pengaruh budaya India dan Tionghoa dalam masakan Indonesia.

BACA JUGA:Pengen Bikin Kue Andalan Tanpa Mixer? Berikut Resep Kue Nastar 1 Kg dan Cara Membuatnya

Kuah kuning berasal dari bumbu alami kunyit yang dipengaruhi oleh budaya India, sementara kuah putih didominasi oleh santan, mencerminkan perpaduan budaya kuliner Tionghoa dan Jawa.

Paduan opor ayam dengan ketupat pada perayaan Idul Fitri serta opor dan lontong pada Cap Go Meh menunjukkan korelasi yang erat antara budaya Tionghoa dan tradisi Hari Raya Idul Fitri. 

Dengan demikian, opor ayam menjadi tidak hanya sebuah hidangan lezat, tetapi juga simbol dari keragaman budaya dan perpaduan harmonis di Indonesia.

Nah, di dalam artikel ini akan ada sajian resep opor ayam kuning spesial untuk lebaran, pasti jadi favorit keluarga! Penasaran? Berikut rangkuman resepnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: