Iklan dempo dalam berita

Petani Kopi Sumringah, Harga Biji Kopi Kering di Rejang Lebong Tembus Angka Rp 55.000,- Per Kilogram

Petani Kopi Sumringah, Harga Biji Kopi Kering di Rejang Lebong Tembus Angka Rp 55.000,- Per Kilogram

--

REJANG LEBONG RBTVCAMKOHA.COM- Harga biji kopi kering di tingkat petani saat ini mencapai angka 52 hingga 55.000 per kilonya. menurut dinas pertanian, harga kopi ini terus meningkat, karena kurangnya hasil panen di negara penghasil kopi lain, karena pengaruh cuaca ekstrem.

harga kopi di kabupaten rejang lebong saat ini terus membaik dari sebelumnya di angka Rp20.000 per kilo saat ini bisa tembus mencapai Rp52.000 bahkan Rp55.000 per kilonya, tergantung jenis dan kualitas kopi yang dijual para petani.

BACA JUGA:Kerugian Negara Rp 631 Juta Dikembalikan Pemdes Suban, Penyelidikannya Bagaimana, Dihentikan atau Berlanjut?

Kepala dinas pertanian dan perikanan kabupaten rejang lebong Amrul Ebi mengatakan, meroketnya harga jual biji kopi ini, dipengaruhi oleh produksi kopi dunia yang menurun akibat pengaruh cuaca ekstrem, yang melanda sejumlah negara penghasil kopi. namun demikian ia berharap para petani dapat terus menjaga kualitas kopi yang dihasilkan.

"Sekarang alhamdulilah harga kopi terus meningkat dari sebelumya berada diangka Rp. 20.000,- sekarang sudah mencapai Rp 55.000,- kita harap para petani juga menjaga kualitas kopi hasil panen merekanya masing-masing". Jelas Ebi.

BACA JUGA:Biasanya Untung Saat Berjualan, Owner Toko Kue ini Malah Tertipu Saat Berbelanja

sementara itu para petani yang berada di kecamatan curup timur seperti yang disampaikan oleh iskandar, saat ini belum memasuki masa panen namun sudah ada beberapa batang kopi yang sudah bisa diolah menjadi biji kering. dan menurutnya harga biji kopi kering ini tergantung kualitas yang dihasilkan.

" kalau kita jual sekarang ada yang Rp50.000,- ada juga yang sampai Rp55.000,- tergantung kualitas kopi yang kita panen". jelas iskandar 

Sementara menurut petani yang berada di desa kesambe lama santi, diperkirakan panen raya biji kopi di kabupaten rejang lebong, dimulai awal bulan mei mendatang, dan para petani berharap harga kopi tetap stabil seperti saat ini.

BACA JUGA:Cek Status Pengajuan KUR BRI, Bisa Lewat Online dan Offline, Ikuti Langkah-langkahnya

"kalau buah kopi yang siap panen sekarang masih sedikit, kemungkinan nanti habis lebaran baru panen raya, kami berharap harga kopi tetap seperti ini kalau bisa naik lagi". Pinta santi

 

Handril Waldinat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: