Iklan RBTV Dalam Berita

Hati-hati Bisa Menyambar Manusia, Ini Penyebab Petir Menyambar Manusia

Hati-hati Bisa Menyambar Manusia, Ini Penyebab Petir Menyambar Manusia

Cara menghindari agar tidak tersambar petir--

Ketika petir menyambar objek di atas permukaan tanah, sebagian besar energinya masuk ke tanah dan mengalir ke permukaan di sekitarnya.

Orang yang berada di dekat objek yang terkena sambaran juga berisiko tersengat oleh arus listrik yang mengalir melalui tanah. Fenomena ini sering terjadi ketika petir mengenai pohon atau objek lain yang berada di dekat manusia.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Pinjaman Online Cair Hitungan Menit, Aman dan Diawasi OJK

3. Menggunakan Benda Logam

Salah satu penyebab umum lainnya adalah ketika manusia memegang atau menggunakan benda berbahan logam saat petir menyambar.

Meskipun logam tidak secara langsung menarik petir, namun sebagai penghantar listrik yang baik, benda logam dapat meneruskan arus listrik dengan mudah. 

Ketika petir menyambar dan energinya terpantul ke tanah, benda logam yang dipegang atau digunakan oleh manusia dapat menjadi jalur untuk arus listrik tersebut.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menggunakan atau memegang benda-benda logam saat cuaca buruk, terutama saat hujan deras atau petir.

BACA JUGA:Kata Gus Baha Rutin Amalkan Surat Ini Kalau Ingin Masuk Surga Tujuh Turunan

Nah, itulah penyebab petir menyambar manusia, peristiwa-peristiwa yang telah terjadi menunjukkan bahwa petir bisa menyambar manusia dengan fatal.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap berhati-hati karena telah terjadi banyak kejadian tragis akibat tersambar petir.

Di bawah ini adalah beberapa fenomena sambaran petir yang terjadi di seluruh dunia, yaitu

1. Sambaran Petir di Uganda, 18 Pelajar Meninggal

Pada tahun 2011 di Kiryandongo, Uganda, tragedi menimpa sekelompok pelajar yang bersiap pulang sekolah saat hujan turun.

BACA JUGA:Simpel, Begini Cara Pinjam Uang di Agen BRILink, Persyaratan Utama Wajib Sudah Menikah dan Punya Usaha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: