Iklan dempo dalam berita

Berapa Kali Takbir Shalat Idul Fitiri? Apa Kalimat yang Dibaca Saat Rakaat Pertama dan Kedua

Berapa Kali Takbir Shalat Idul Fitiri? Apa Kalimat yang Dibaca Saat Rakaat Pertama dan Kedua

Berapa Kali Takbir Shalat Idul Fitir--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berapa kali takbir shalat idul fitiri? Dalam rangka menyongsong momen sakral Idul Fitri yang semakin mendekat, tidak sedikit umat Muslim yang mempertanyakan berapa kali takbir yang seharusnya diucapkan dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri serta bacaannya yang tepat. 

BACA JUGA:Bolehkah Sholat Idul Fitri Dilakukan Dirumah Saja? Begini Penjelasannya

Pertanyaan ini mencerminkan keinginan mendalam untuk memahami dengan lebih baik tata cara ibadah yang sejalan dengan ajaran agama Islam dalam merayakan kemenangan spiritual setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan. 

Oleh karena itu, mari kita telusuri bersama jumlah takbir yang seharusnya diucapkan dalam salat Idul Fitri beserta bacaannya yang benar, agar kita dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan penuh kekhusyukan dan kepatuhan kepada-Nya.

BACA JUGA:Sejarah dan Makna Hari Raya Idul Fitri Pada Zaman Nabi Muhammad SAW hingga Kini, Umat Islam Wajib Tahu

Salat sunah Id atau yang sering dikenal sebagai salat Idul Fitri adalah ibadah yang dilaksanakan dalam 2 rakaat. Di setiap rakaatnya, terdapat pola takbir yang khas, yang menunjukkan kedalaman makna dan kekhususan ibadah ini. Pada rakaat pertama, jamaah akan mengucapkan takbir sebanyak 7 kali sebagai ungkapan syukur dan penghormatan kepada Allah SWT. 

BACA JUGA:Apakah Sebelum Sholat Idul Fitri Wajib Sarapan? Simak Penjelasannya di Sini

Sementara itu, dalam rakaat kedua, jumlah takbirnya berkurang menjadi 5 kali, tetapi tetap memberikan nuansa keagungan dan kesyukuran yang sama dalam merayakan kemenangan spiritual yang dicapai setelah menjalani bulan Ramadan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. 

Dengan demikian, pola takbir yang berbeda dalam setiap rakaat salat Idul Fitri menjadi cerminan dari kebesaran Allah SWT dan kesyukuran umat Muslim atas nikmat yang diberikan-Nya.

BACA JUGA:Pahami Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri

Setelah membaca doa iftitah, disunahkan melakukan takbir hingga 7 kali pada rakaat pertama salat Idul Fitri. 

Berikut bacaan disela-sela takbir:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Arab Latin: Allahu akbar kabira, wal hamdu lillahi katsira, wa subhanallahi bukratan wa ashila

Artinya: "Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: