Iklan dempo dalam berita

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya

Bolehkah Salat Idul Fitri di Rumah, Bisa Sendiri Atau Harus Berjamaah? Ini Kata Buya Yahya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Bolehkah Salat Idul Fitri di rumah, bisa sendiri atau harus berjamaah? Mari simak jawabannya di sini.

Salat Idul Fitri memang termasuk ibadah sunnah. Tapi banyak banget lho, hikmah atau keutamaan yang bisa diperoleh dengan melakukannya, misalnya saja mengagungkan nama Allah di hari yang istimewa setelah bulan Ramadan. 

BACA JUGA:Dapat THR Lebaran, Dahulukan Bayar Utang Atau Sedekah? Simak Jawban dari Buya Yahya

Saat salat Idul Fitri, takbir dilakukan berkali-kali, sehingga secara nggak langsung kamu ikut mengagungkan nama Allah bersama dengan ratusan orang lainnya yang juga sedang melakukan sholat di tempat yang sama.

Hikmah lainnya adalah sholat Idul Fitri jadi tempat silaturahmi sesama saudara Muslim dan bahkan non Muslim juga. Sering banget kan, saat di masjid atau dalam perjalanan dari masjid, kamu bertemu dengan tetangga atau bahkan orang-orang yang baru dikenal, lalu saling bersalaman dan mengucapkan selamat Idul Fitri? Hal ini tentu jadi momen mengharukan yang nggak bisa dilakukan sepanjang tahun.

BACA JUGA:Paling Ditunggu Saat Lebaran, Yuk Intip Asal Mula Tradisi Bagi-bagi THR Saat Lebaran di Indonesia

Yang nggak boleh dilupakan juga, sholat Idul Fitri menjadi simbol kemenangan umat muslim sedunia yang telah menahan hawa nafsu selama 30 hari dengan berpuasa. 

Diharapkan solat Idul Fitri bukan menjadi akhir, tapi justru awal untuk menjadi sosok yang jauh lebih baik lagi.

Lantas, bolehkah Salat Idul Fitri di rumah, bisa sendiri atau harus berjamaah? Mari simak jawabannya di sini.

Sholat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah baik berjamaah maupun sendiri. Hal tersebut dikatakan Prof. KH.Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya, pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon.  

Buya Yahya menjelaskan dalam beberapa keadaan umat muslim bisa melakukan sholat sunnah tersebut di rumah yang penting tidak meninggalkannya.

BACA JUGA:Bagi-bagi THR Lebaran tapi Masih Punya Utang yang Belum Lunas, Kata Buya Yahya Ternyata Ini Hukumnya

"Sholat Ied itu sunnah yang sangat dikukuhkan, pahalanya besar, dan sunnah hukumnya untuk dilakukan berjamaah. Disaat tidak bisa, misalnya ada ibu-ibu yang perlu menjaga anak, boleh melakukannya di rumah. Jangan ketinggalan melaksanakan sunnah. Sholat Ied kalau tidak ada khotbah, cukup sholat dua rakaat dan itu boleh dilakukan di rumah, tetap dapat pahala yang luar biasa, yang penting jangan meninggalkannya," tutur Buya Yahya dalam Kanal Youtube resmi Ponpes Al-Bahjah Cirebon, Al-Bahjah TV.

Buya Yahya juga mengatakan bahwa sholat Ied dapat dilakukan saat matahari mulai meninggi, di waktu yang boleh menunaikan sholat dhuha maka juga boleh menunaikan sholat Ied. Wanita juga boleh keluar rumah untuk menjalankan sholat Ied berjamaah, hanya saja tidak mengenakan riasan yang berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: