Iklan dempo dalam berita

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun

Ini 12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia, di Daerah Ini Hasilkan Emas 1,9 Juta Ons per Tahun--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut Ini 12 tambang-emas terbesar di Indonesia, di daerah ini hasilkan emas 1,9 juta ons per tahun.

Barang tambang emas merupakan salah satu hasil tambang yang termasuk dalam golongan logam. Emas sendiri merupakan logam yang memiliki sifat lunak dan mudah untuk ditempa, sehingga banyak dijadikan sebagai perhiasan.

BACA JUGA:Potensi Emas Melimpah, Masyarakat Provinsi Bengkulu Bakal Kaya Raya

Dalam pertambangan, emas termasuk dalam hasil tambang golongan B, yakni barang tambang yang vital dan penting bagi kehidupan khalayak ramai. Emas berada di golongan B ini tidak sendirian, melainkan ditemani oleh perak, belerang, fosfat dan juga mangan.

12 Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar 12 daerah penghasil emas terbesar di Indonesia:

BACA JUGA:Potensi Emas di Bengkulu, Selain Perizinan Ini Tantangan Investor untuk Buka Tambang Emas

1. Mimika, Papua Tengah

Mimika, Papua Tengah adalah salah satu daerah penghasil emas terbesar di dunia. Salah satu tambang emas besar di Mimika adalah Grasberg Block Cave (GBC). Tambang emas Blok Gua Grasberg hingga kini dikelola oleh PT Freeport Indonesia, perusahaan yang sebagian besar sahamnya saat ini sudah menjadi milik pemerintah Indonesia.

Di Kabupaten Mimika, juga terdapat tambang emas Deep Mill Level Zone (DMLZ). Tambang DMLZ yang berlokasi di distrik Grasberg Papua juga dikelola oleh PT Freeport Indonesia.Tambang DMLZ menyimpan sejumlah mineral yang teridentifikasi sebanyak 77 juta ton, dan perkiraan jumlah mineral yang masih belum pasti sebanyak 305 juta ton. Mineral-mineral tersebut mencakup kombinasi konsentrasi emas, perak, dan tembaga.

BACA JUGA:Rincian Harga Emas Pasca Lebaran 2024, Ada Lonjakan Kenaikan Harga untuk Emas Antam Mulai dari Berat 0.5 Gram

Kawasan kota yang menjadi pusat aktivitas Freeport di Mimika adalah Tembagapura dan Kuala Kencana. Produksi emas Freeport mencapai sekitar 1,9 juta ons per tahun pada 2023. Perusahaan yang sama pun menghasilkan sekitar lebih dari 1,6 miliar pon tembaga selama 2023.

2. Banyuwangi, Jawa Timur

Tambang emas Tujuh Bukit atau Tambang Tumpang Pitu di Banyuwangi, Jawa Timur merupakan salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. Tambang emas ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Tambang emas di Tumpang Pitu dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Tbk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: