Iklan dempo dalam berita

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia--Foto: ist

Masih dari Pulau Kalimantan, Kota Samarinda memiliki batu bara dengan kualitas terbaik dengan pertambangan yang besar. Lokasi pertambangan batu bara terletak di sepanjang Sungai Berau.

Samarinda dapat menghasilkan batu bara sebanyak 82 juta ton. Pada tahun 2020, Kalimantan Timur juga menyumbangkan 268.449 ton atau 47,9% dari total batu bara yang di ekstrasi di Indonesia juga mengekspor sekitar 212,8 ton batu bara ke luar negeri.

BACA JUGA:Memiliki Cadangan Ratusan Juta Ton Nikel, Ini 7 Daerah Penghasil Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

3. Meulaboh Aceh Barat

Kota Meulaboh, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat menjadi salah satu daerah yang menghasilkan batu bara terbesar di Indonesia. Batu bara yang dihasilkan juga menjadi salah satu dengan kualitas terbaik.

Daerah Meulaboh memiliki 15 lapisan batu bara dengan kedalaman mencapai 100 meter dengan ketebalan sekitar 0.5-9,5 meter. Meulaboh juga merupakan daerah penghasil batu bara dalam jumlah yang cukup besar hingga mencapai 500 juta ton.

4. Lahat Sumatera Selatan

Kabupaten Lahat di Provinsi Sumatera Selatan memiliki sekitar 36 perusahaan batu bara dengan luas wilayah sekitar 31,454,4 hektar. Biasanya daerah ini mampu menghasilkan hingga 20 juta ton batu bara per tahunnya.

BACA JUGA:Negara yang Luar Biasa Kaya Raya, Ini 11 Lokasi Harta Karun Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

5. Tanjung Enim Sumatera Selatan

Daerah lainnya dari Provinsi Sumatera Sekalan adalah Tanjung Enim. Tanjung Enim sudah menjadi daerah tambang sejak zaman Belanda dan memiliki fasilitas yang memadai.

Tambang di daerah Tanjung Enim mampu menghasilkan sekitar 40.000 batu bara berkualitas setiap harinya. Daerah ini juga sudah menghasilkan sekitar 1,59 milyar ton batu bara.

6. Sorong Papua

Tidak perlu heran, daerah Papua memang memiliki kekayaan alam yang tak terhingga jumlahnya. Daerah Papua memiliki banyak sekali sumber emas, marmer, minyak bumi, hingga batu bara.

BACA JUGA:Segini Jumlah Penghasilan dari Gudang Harta Karun Tambang Perak Grasberg Block Cave Papua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: