Iklan dempo dalam berita

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia, Jadi Sumber Energi Terbesar di Dunia--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut 7 daerah yang punya harta-karun emas hitam terbesar di Indonesia, jadi sumber energi terbesar di dunia.

Emas hitam ati batu bara adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan organik, terutama sisa-sisa tumbuhan yang telah mengalami proses pengubahan menjadi karbon. Batuan ini telah digunakan sebagai bahan bakar fosil yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk menghasilkan energi dalam bentuk listrik, pemanasan, dan proses industri lainnya. 

Umumnya batuan ini terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur, serta beberapa unsur lainnya seperti logam. 

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

Sebagai batuan sedimen, jenis batu ini telah terbentuk secara alami sejak 340 tahun yang lalu, dan populasinya semakin tipis seiring dengan pengunaannya yang terus meningkat dan tidak diimbangi dengan penyediaan ulang.

7 Daerah yang Punya Harta Karun Emas Hitam Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki cadangan sumber daya alam batu bara yang banyak sekali. Sebagai negara yang kaya dengan cadangan batu bara, ada beberapa daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia.

Berikut daerah penghasil batubara di Indonesia.

BACA JUGA:Dua Lokasi di Bengkulu yang Pernah Simpan Harta Karun yang Hasilkan Jutaan Ton Emas, Masih Ada?

1. Pulau Laut Kalimantan Selatan

Pulau Laut berada di Provinsi Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu daerah penghasil batu bara terbesar di Indonesia. Wilayah ini memang memiliki potensi pertanian, perikanan, dan pertambangan yang menjanjikan.

Pulau Laut Kalimantan Selatan dapat menghasilkan batu bara sebanyak 160 juta ton dan hasilnya diekspor ke negara luar. Negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain adalah negara Jepang, Cina, dan Amerika Serikat.

BACA JUGA:Bengkulu Kaya Raya! Simpan Harta Karun Emas Murni Melebihi Papua, Ternyata di Sini Lokasinya

2. Samarinda Kalimantan Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: