Iklan dempo dalam berita

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini 

17 Jenis Harta Karun yang Ada di Indonesia, Masih Digarap Hingga Saat Ini --Foto: ist

Emas merupakan logam mulia yang nilainya sangat mahal. Bahkan emas pada zaman sekarang dijadikan lambang kekayaan terbesar melebihi uang. Emas dapat diolah menjadi berbagai macam bentuk. Untuk emas yang khusus digunakan dalam menyimpan kekayaan, biasanya dibuat dalam bentuk batangan. Sementara emas yang dipakai manusia adalah yang diolah dalam bentuk perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, dan sebagainya. Jikalau emas merupakan logam yang sangat dicari, maka berapa nilai yang akan kita berikan pada tambang emas? Indonesia mempunyai tambang emas yang sangat besar, bahkan dikatakan bahwa tambang emas yang dimiliki Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Tambang emas besar Indonesia terdapat di Papua, yakni yang dikelola oleh PT. Freeport Indonesia.

4. Perak

Jenis tambang yang selanjutnya adalah perak. Perak merupakan saudara dari emas, sama- sama logam mulia. Perak juga seringkali disebut sebagai emas putih. Perak mempunyai warna putih, tidak seperti emas yang berwarna kuning. Namun kesamaan dari keduanya adalah sama- sama berkilau. Apabila emas sering dijadikan sebagai lambang kekayaan yang berwujud batangan, namun tidak berlaku pada perak. Perak sering digunakan sebagai bahan baku membuat perhiasan. Indonesia juga kaya akan tambang perak. Beberapa tambang perak yang ada di Indonesia antara lain di bengkalis (Sumatera), Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Cikotok di Jawa Barat, Meuleaboh di Aceh, dan Rejang Lebong di Bengkulu.

BACA JUGA:Bengkulu Kaya Raya! Simpan Harta Karun Emas Murni Melebihi Papua, Ternyata di Sini Lokasinya

5. Platina

Platina merupakan sebuah logam yang mempunyai ciri berwarna putih keperakan hingga abu- abu kehitaman, mudah ditempa, tidak mudah berkarat , dapat diregangkan dan juga sukar dicairkan. Platina ini terbentuk akibat konsentrasi magma  pada batuan beku basa. Platina juga banyak digunakan untuk membuat perhiasan, alat kedokteran dan juga alat komunikasi. Tambang platina di Indonesia adalah di Bengkalis, Riau dan di Martapura.

6. Aspal

Jenis barang tambang yang selanjutnya adalah aspal. Aspal merupakan barang tambang yang banyak digunakan sebagai bahan pengecoran jalan. Aspal merupakan barang tambang yang sangat penting karena keberadaannya mencerminkan fasilitas transportasi negara. Aspal menjadikan jalan yang pada mulanya jelek, rusak, buruk menjadi jalan yang halus dan mudah untuk dilewati kendaraan, sehingga akan memperlancar transportasi dan menghindarkan kendaraan dari kemacetan. Tambang aspal juga ditemukan di wilayah Indonesia, khususnya di Pulau Buton di Sulawesi Tenggara. Selain disitu, tambang aspa juga dihasilkan oleh Permigan Wonokromo di Jawa Timur yang mana merupakan hasil olahan dari jenis minyak bumi.

BACA JUGA:Memiliki Cadangan Ratusan Juta Ton Nikel, Ini 7 Daerah Penghasil Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia

7. Biji Besi

Siapa yang tidak mengenal biji besi? Lomgam ini merupakan salah satu logam yang paling diburu di dunia. Biji besi ini akan diolah menjadi besi batangan maupun besi dalam bentuk lainnya. Tidak usah ditanyakan lagi apa saja kegunaan besi. Semua orang mengetahui bahwa besi tidak bisa dipisahkan dari kehidupa manusia sehari- hari. Dalam kehidupan sehari- hari, besi banyak dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang, khusunya dalam bidang konstruksi. Pembangunan merupakan program yang sangat penting bagi suatu negara. Dengan adanya pembangunan maka suatu negara akan mengalami kemajuan. Untuk mendirikan bangungan, kita akan membutuhkan konstruksi yang dibuat dari batang- batang besi untuk memperkuat bangunan tersebut. Indonesia mempunyai tambang biji besi yang terbilang banyak. Beberapa tambang biji besi yang terdapat di Indonesia antara lain di Cilacap pasir besi di jawa Tengah, Cilegon Banten, Longkana dan Pegunungan Verbeek di Sulawesi Tengah, Pulau Dermawan, Pulau Sebuku dan Pulau Suwang di Kalimantan Selatan. Sementara biji besi yang merupakan jenis barang tambang vital yang ada di Indonesia ini dikelola oleh PT Krakatau Steel yang berada di Cilegon, Jawa Barat.

8. Intan

Intan hampir bersaudara dengan emas dan perak, namun intan lebih dikenal sebagai bahan yang sering diolah sebagai perhiasan. Selain perhiasan, intan juga diubah menjadi mata bor suatu mesin karena sifatnya yang sangat keras. Intan merupakan barang tambang yang sangat indah sehingga mempunyai nilai jual yang tiggi pula. Indonesia merupakan negara yang sangat dikenal dengan hasil intannya. Intan dapat diperoleh dengan menggali tanah, lalu tanah dilimbang dengan air hingga ditemukannya biji intan. Tambang intan yang ada di Indonesia ini sebagian besar berada di wilayah pulau Kalimantan. Bahkan di Kalimantan sendiri terdapat tempat pengasahan intan yang sangat terkenal, yakni di Martapura. Martapura lebih tepatnya berada di Kalimantan Selatan. Selain di Martapura, ada lagi tempat pengasahan intan yakni di wilayah Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:Negara yang Luar Biasa Kaya Raya, Ini 11 Lokasi Harta Karun Penghasil Tembaga Terbesar di Indonesia

9. Alumunium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: