Iklan dempo dalam berita

Auto jadi Sultan jika Miliki Koleksi 7 Uang Koin Kuno Termahal di Dunia Ini, Nomor Satu Begitu Fantastis!

Auto jadi Sultan jika Miliki Koleksi 7 Uang Koin Kuno Termahal di Dunia Ini, Nomor Satu Begitu Fantastis!

Uang Koin Kuno Termahal di Dunia --ist

Alasannya, dikarenakan Presiden AS saat itu, Theodore Roosevelt, melarang siapa pun mempunyai emas. sehingga membuat koin ini sekarang menjadi sangat langka. 

Harga uang koin kuno satu ini bisa mencapai US$7,5 juta atau setara sekitar Rp108,4 miliar. 

BACA JUGA:9 Lowongan CPNS 2024 untuk Lulusan SMA dan SMK, Apa Saja? Cek di Sini

3. Brasher Doubloon (1787)

Uang kuno termahal selanjutnya adalah Brasher Doubloon. koin ini diciptakan pada tahun 1787 dan digunakan untuk meyakinkan negara bagian New York di Amerika Serikat.

Uang ini digunakan bertujuan untuk mengganti bahan pembuatan koin dari emas ke tembaga pada saat itu. Koin ini terjual oleh Wall Street sekitar US$7,4 juta atau setara dengan Rp105,5 miliar. 

4. Edward III Florian (1343)

Uang kuno termahal berikutnya adalah Edward III Florian. Uang ini merupakan koin tertua. Hal ini membuat harga koin ini menjadi sangat mahal. Edward III Florian ini memiliki harga sekitar US$6,8 juta atau Rp96,9 miliar. 

Uang ini beredar di zaman Edward III (13 November 1312 – 21 Juni 1377), yang merupakan salah satu penguasa Inggris paling sukses pada abad pertengahan. Ia berkuasa selama 50 tahun dan membuat Inggris memegang kekuatan militer terkuat di Eropa.

5. Umayyad Gold Dinar (723-4 M)

Umayyad Gold Dinar merupakan salah satu koin Islam paling berharga yang dimiliki oleh khalifah. Koin ini terbuat dari emas dan memiliki tanda tambang panglima yang beriman. Yang diperkirakan dibuat pada tahun 105H (723-4 M) di wilayah Bani Umayyah.

Menurut para ahli, ada sekitar satu lusin koin Umayyad Gold Dinar yang tersebar di seluruh dunia. Namun pada tahun 2019, koin ini berhasil terjual dengan harga fantastis yang mencapai $4,8 juta, atau setara sekitar Rp77 M.

BACA JUGA:Harta Karun di Indonesia yang Berharga dan Dicari Dunia, Salah Satu Lokasinya Ada di Lumpur Lapindo

6. Liberty Head Nickel – Mortan-Smith-Eliasberg (1913) 

Uang kuno dengan harga termahal di dunia adalah Liberty Head Nickel. Uang ini merupakan uang kuno termahal karena sangat langka dengan bentuk permukaan yang sangat indah menyerupai sebuah cermin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: