Iklan dempo dalam berita

Luar Biasa! 7 Daerah Ini Menyimpan Harta Karun Tembaga yang Bisa Bikin Seluruh Penduduknya Kaya Raya

Luar Biasa! 7 Daerah Ini Menyimpan Harta Karun Tembaga yang Bisa Bikin Seluruh Penduduknya Kaya Raya

7 daerah penghasil harta karun tembaga--

Tembaga digunakan dalam pembuatan berbagai komponen elektronik, termasuk papan sirkuit cetak (PCB), konektor, dan bagian-bagian lain dari peralatan elektronik.

Karena kemampuannya sebagai konduktor listrik yang baik, tembaga membantu dalam pengaliran arus listrik dan perpindahan sinyal dalam perangkat elektronik.

BACA JUGA:Suami Istri Harus Paham, Begini Cara Berjima Tahan Lama Menurut Pandangan Islam, Ada juga Doanya

5. Industri Perhiasan

Karena warnanya yang menarik dan kelembutannya yang memungkinkan untuk diolah, tembaga sering digunakan dalam pembuatan perhiasan dan barang-barang dekoratif.

6. Pembuatan Peralatan Dapur

Tembaga sering digunakan dalam pembuatan peralatan dapur, seperti panci, wajan, dan alat masak lainnya. Ini karena kemampuannya untuk menghantarkan panas dengan baik dan responsif terhadap perubahan suhu.

7. Antimikroba

Tembaga memiliki sifat antimikroba yang alami, sehingga digunakan dalam pembuatan permukaan yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya.

BACA JUGA:Banyak Harta Karun Emas, Ini Jenis Pekerjaan di Tambang, Lengkap dengan Tips agar Lolos Diterima Bekerja

Berikut, Beberapa daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia menghasilkan puluhan ribu hingga ratusan juta ton tembaga setiap tahunnya.

1. Papua

Papua merupakan daerah penghasil tembaga terbesar di Indonesia. Produksi tembaga di Papua mencapai 809.000.000 ton per tahun, menjadikannya yang terbesar di Indonesia.

Tambang tembaga di Papua dikelola oleh PT Freeport Indonesia, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Indonesia. 

Lokasi tambang utama berada di Kabupaten Mimika dan Tembagapura. PT Freeport Indonesia berhasil menambang sekitar 607 juta ton tembaga pada tahun 2019, yang meningkat menjadi 809 juta ton pada tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: