Iklan dempo dalam berita

Mitos Memotong Kuku Malam Hari, Bahayakah? Begini Hukumnya Menurut Islam

Mitos Memotong Kuku Malam Hari, Bahayakah? Begini Hukumnya Menurut Islam

Mitos memotong kuku malam hari dan pandangan Islam--

Bisa dibilang, munculnya mitos potong kuku malam hari adalah untuk melindungi masyarakat dahulu dari risiko terluka ketika melakukannya.

BACA JUGA:Tabel Simulasi Pinjaman Online Tunaiku Rp 10 Juta, Begini Langkah Mudah Ajukan Pinjamannya

Sementara itu, dalam islam memotong kuku adalah salah satu kebiasaan yang rutin dilakukan oleh manusia dalam kurun waktu tertentu.

Meski terlihat sepele, nyatanya memotong kuku merupakan salah satu dari lima sunnah fitrah Islam mengenai kebersihan. Tujuannya adalah untuk menghindari penumpukan kotoran dan kuman di ujung jari.

BACA JUGA:Tidak Perlu Tambahan Aplikasi, Begini Cara Hilangkan Iklan di HP OPPO

Fitrah memotong kuku ini tercantum dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda: "Fitrah (sifat naluri) itu ada lima: berkhitan, mencukur rambut kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak." (HR. Al-Bukhari, No. 5552 dan Muslim, No. 257).

Namun, terdapat perdebatan dan mitos di masyarakat mengenai larangan memotong kuku di malam hari. Ada yang menganggapnya pamali hingga dapat memperpendek umur. 

Lantas, bagaimana hukum memotong kuku di malam hari dalam pandangan Islam?

BACA JUGA:Tabel Simulasi Pinjaman Rp 5 Juta di DanaBijak, Barengi dengan Perencanaan Keuangan yang Tepat

Dalam salah satu unggahan kanal Youtube Al-Bahjah TV, Buya Yahya mengatakan bahwa memotong kuku pada malam hari tidak dilarang dalam syariat Islam.

Beliau mengatakan bila ada larangan potong kuku di malam hari, bukan disebabkan karena hukum syariat, namun karena dapat memicu bahaya.

Pada malam hari pencahayaan menjadi kurang maksimal. Hal ini membuat memotong kuku akan membahayakan diri seseorang. Maka dapat disimpulkan bahwa hukum memotong kuku di malam hari tidak dilarang menurut syariat Islam. 

BACA JUGA:Peternak Burung Pemula Wajib Merapat! Simak Cara agar Burung Merpati Cepat Bertelur

Mitos yang berkembang di masyarakat tersebut dapat diambil hikmahnya untuk mencegah jari terluka karena memotong kuku di malam hari.

Mengutip buku Tanya Jawab Islam susunan PISS KTB, dkk., menurut imam Ibnu Qosim al-Ghazi dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri, terdapat penjelasan mengenai hari-hari baik untuk memotong kuku, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: