Iklan dempo dalam berita

Potensi Harta Karun Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sulawesi, Dimana Saja Ladang Minyak Buminya

Potensi Harta Karun Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sulawesi, Dimana Saja Ladang Minyak Buminya

Potensi Harta Karun Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sulawesi--

Di provinsi ini, terdapat Lapangan Minyak Bumi Sidrap yang juga menjadi salah satu sumber produksi minyak penting di Sulawesi Selatan.

Produksi minyak bumi di daerah ini juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di sekitarnya.

Dalam serangkaian pengeboran eksplorasi yang dilakukan di Wilayah Sulawesi, khususnya di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, oleh Pertamina EP dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), terjadi tahapan baru pada tahun 2024. 

BACA JUGA:Cadangan Minyak Bumi Indonesia Tinggal 9 Tahun Lagi, Ini 5 Provinsi Penghasil Minyak Terbesar

Salah satunya adalah tajak sumur eksplorasi Julang Emas (JLE)-001 yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, pada kuartal 4 tahun 2023, Pertamina EP dan SKK Migas telah menyelesaikan pengeboran eksplorasi East Wolai (EWO)-001 dan West Wolai (WWO)-001.

Sumur Julang Emas (JLE)-001 yang berlokasi di lapangan Donggi, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, merupakan fokus pengeboran saat ini.

Sumur eksplorasi ini akan dibor secara directional menggunakan Rig PDSI #04.3, dengan rencana kedalaman akhir sumur mencapai sekitar 2000 meter measured depth (mMD).

BACA JUGA:Cadangan Minyak Bumi di Bengkulu, Babel, Sumsel dan Lampung Nomor 2 Terbanyak di Indonesia

Hudi D Suryodipuro, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, menjelaskan bahwa upaya ini merupakan bagian dari strategi SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dalam menemukan cadangan migas baru atau penemuan besar (giant discovery) demi memenuhi kebutuhan energi nasional. 

BACA JUGA:Harta Karun Milik Bersama di Sumatera, Berbentuk Cair Nomor 2 Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

Pengeboran eksplorasi ini bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi potensi kandungan migas dengan estimasi jumlah sumber daya sekitar 40 juta barel minyak setara (Million Barrels of Oil Equivalent/MMBOE) dari dua formasi target yang ditentukan.

Program pengeboran sumur eksplorasi ini direncanakan akan berlangsung sekitar 80 hari hingga selesai dilakukan uji produksi.

BACA JUGA:Sempat Menggemparkan Dunia! Ini Deretan Harta Karun yang Sudah Pernah Ditemukan di Indonesia

Hudi juga menekankan bahwa pengeboran eksplorasi di wilayah Sulawesi tengah menjadi fokus karena pulau ini memiliki potensi migas yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: